Perencanaan Keuangan

Kapan Waktunya Pakai Kartu Kredit dan Kartu Debit?

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 October 2018 20:08
Kartu kredit merupakan alat pembayaran darurat bukan tambahan penghasilan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Transaksi pembayaran menggunakan kartu atau non tunai semakin digemari oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Selain lebih aman, transaksi non tunai juga lebih praktis. 

Tidak perlu lagi membawa uang tunai, kini ada beberapa pilihan pembayaran yakni dengan kartu kredit dan debit. Kedua kartu ini memiliki manfaat yang sama bagi nasabah dalam transaksi non tunai, tetapi masing-masing kartu pembayaran elektronik ini memiliki fungsi, cara kerja, dan sifat yang berbeda. 

Meski begitu, ada waktu-waktu tersendiri kapan Anda menggunakan kedua jenis kartu tersebut. Perencanaan Keuangan, Freddy Pioleer mengatakan bahwa ketika memiliki kartu kredit, tanamkan dalam diri Anda bahwa kartu kredit adalah sebagai alat pembayaran darurat. 


Selanjutnya, gunakanlah kartu kredit saat Anda membutuhkan suatu produk. Misal, Anda ingin membeli sebuah gadget maka manfaatkanlah promo cicilan yang ditawarkan oleh kartu kredit karena biasanya ada beberapa kartu kredit memberikan cicilan nol persen selama 3, 6, dan 12 bulan (bahkan ada yang sampai 24 bulan) untuk pembelanjaan barang-barang tersebut.


"Jadi waktu tepat dalam menggunakan kartu kredit ketika Anda merasa terdesak dan tak punya uang bergerak dalam kartu debit sehingga melakukan pembayaran darurat. Serta mengambil sebuah barang yang dibutuhkan dengan tawaran cicilan 0 persen," kata Freddy kepada CNBC Indonesia, Senin ( 1/10/ 2018).

Dia menuturkan bahwa kartu kredit juga cocok digunakan untuk melakukan pembayaran ongkos transportasi sehari-hari. Beberapa jenis kartu kredit memberikan fasilitas dalam melakukan pembelian tiket pesawat atau kereta api. 

Berbeda dengan kartu kredit, menggunakan kartu debit yang tepat adalah ketika utang kartu kredit Anda membengkak. Membayar kebutuhan dengan kartu kredit ketika tagihan membengkak hanya akan memperbanyak jumlah tagihan.

Selanjutnya, gunakan kartu debit ketika Anda ingin berbelanja bulanan. Ini sangat cocok untuk menghindari sifat boros dan ingin belanja tidak sesuai kebutuhan.

Dari penjelasan di atas bisa diketahui penggunaan kartu kredit dan debit yang tepat. Namun lagi-lagi dibutuhkan kebijakan Anda dalam menggunakannya, fokuslah pada pengendalian diri dan gunakan kedua kartu itu sebagai alat bayar yang saling melengkapi.

Kapan Waktunya Pakai Kartu Kredit dan Kartu Debit?Foto: infografis/kartu kredit/edward ricardo

 

(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading