Perencanaan Keuangan

Sudah Punya Kartu Debit, Masih Perlukah Kartu Kredit?

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 October 2018 19:26
Sudah Punya Kartu Debit, Masih Perlukah Kartu Kredit?
Jakarta, CNBC Indonesia- Masyarakat kini lebih memilih menggunakan alat pembayaran non tunai untuk transaksi jual beli sehari-hari. Bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Lantas apakah perlu memiliki kartu kredit padahal telah memiliki kartu debit? Perencanaan Keuangan Freddy Pioleer pun mengatakan bahwa hal itu tergantung kebutuhan penggunanya, misalnya untuk yang hobi bertransaksi online.




Meskipun memiliki fungsi yang sama antara kartu debit dan kredit, Ia mengatakan penggunaan kartu kredit bisa lebih banyak mendapat keuntungan. Misal, banyak penawaran dari berbagai produk yang dapat diakses melalui smartphone untuk memudahkan pemegang kartu kredit lantaran situs belanja online menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit.

"Mereka yang sudah punya kartu debit tapi juga ingin memiliki kartu kredit sebenarnya tidak masalah. Tapi kembali lagi pada kebutuhan dan fungsi jangan sampai salah penggunaan karena pemakai kartu kredit lebih  diuntungkan dengan mereka yang hobi belanja online," kata Freddy kepada CNBC Indonesia, Senin ( 1/10/ 2018).

Tapi, selain memiliki keuntung bagi si pemegang kartu kredit, perlu diingat ada bunga untuk setiap transaksi dari kartu kredit. Semakin besar transaksi, maka bunga kartu kredit akan semakin besar.

Anda bisa memutuskan tetap bertahan hanya dengan memiliki kartu debit sebagai alat pembayaran nontunai atau menambah koleksi kartu Anda, dengan membuat kartu kredit. Namun, yang pasti membuat kartu debit jauh lebih mudah karena Anda cukup menjadi nasabah suatu bank dan memastikan saldo Anda selalu terisi maka Anda memiliki tabungan bergerak.

Selain itu, setiap kartu kredit tentunya memberikan plafon berbeda, salah satunya disesuaikan dengan pendapatan tahunan Anda. Orang dengan penghasilan tinggi dan masa kerja lebih lama serta memiliki catatan baik dalam penggunaan kartu sebelumnya akan lebih mudah mendapatkan kartu berlimit tinggi dibanding pengguna baru.

"Yang pasti membuat kartu debit lebih gampang karena Anda cukup menjadi nasabah suatu bank saja. Kalau kartu kredit Anda akan sedikit lebih sulit karena ada beberapa syarat tambahan yang harus dipenuhi misalnya buku rekening, slip gaji, kartu ATM dan KTP," kata dia.

Lagi-lagi, apapun jenis kartu yang dimiliki, pastikan Anda menggunakannya dengan bijak karena kebutuhan tidak hanya untuk hari ini.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading