Ini Tips Jitu agar Gajian Awet dan Beranak Pinak

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 September 2018 17:03
Merasa uang gajian cuma numpang lewat, ini tips kelola gaji supaya lebih awet
Jakarta, CNBC Indonesia- Mengatur gaji bulanan memang susah-susah gampang.  Lengah sedikit,  tidak jarang gaji seperti numpang lewat saja.

Hal tersebut umumnya terjadi karena pengelolaan yang kurang tepat. Namun ada cara jitu bagaimana mengelola gaji bulanan Anda dengan bijak.

Pakar keuangan, Prita Hapsari Ghozie mengatakan bahwa ada beberapa poin dalam mengatur gaji bulanan agar tetap tahan lama dan beranak pinak. Pertama, rencanakan anggaran bulanan Anda dan membaginya untuk pos-pos tertentu.




"Rencanakan anggaran bulanan Anda dan buat daftar pengeluaran bulanan. Saya selalu bagi untuk 3 hal yaitu hidup rutin (Living) 50%, tabungan dan investasi (Saving) 30%, serta bersenang-senang (Playing) 20%," kata Prita kepada CNBC Indonesia.

Dia menuturkan bahwa gunakanlah rekening tabungan yang terpisah. Usahakan untuk Anda atau yang sudah berkeluarga memiliki 3 rekening tabungan berbeda atau uang elektronik. 

Kemudian, buatlah prioritas tujuan keuangan. Bila Anda memiliki tanggungan atau cicilan sebaiknya diutamakan. Serta berkomitmen untuk berinvestasi. 

Lalu batasi pengambilan uang tunai di ATM paling tidak seminggu sekali. Serta miliki tujuan jangka pendek bila Anda menginginkan suatu hal dalam waktu dekat.

"Jadikanlah prioritas utama bila Anda memiliki tanggungan atau cicilan.  Nah, aku sarankan bikin plan mau beli apa atau liburan kemana bila ingin memiliki rencana dalam waktu dekat," kata dia.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading