Perencanaan Keuangan

Ingin Jadi Miliuner Ketika Pensiun? Sisihkan Gaji Sebesar Ini

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
27 September 2018 18:38
Ingin Jadi Miliuner Ketika Pensiun? Sisihkan Gaji Sebesar Ini
Jakarta, CNBC IndonesiaMengatur keuangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan khususnya bagi generasi milenial. Hal ini juga ditambah dengan gaya hidup yang  semakin tinggi dan selalu konsumtif.

Namun  tak sedikit juga para milenial yang memiliki komitmen untuk menyiapkan tabungan untuk masa pensiun. Memang bukan perkara mudah untuk bisa mengubah berbagai kebiasaan tersebut, apalagi jika ternyata pengetahuan kita mengenai keuangan itu sendiri tidaklah begitu baik.

Pakar keuangan Prita Hapsari Ghozie mengatakan bahwa para generasi milenial harus berani berbeda dengan generasi sebelumnya. Untuk tenang di usia tua mereka harus sudah mulai berinvestasi sejak dini. 


Anda juga bisa mengikuti program auto-invest berkala. Targetkan minimal investasi 15% dari penghasilan.


"Untuk persiapan di hari tua ikuti program auto-invest. Saya rasa sekarang 80% dari milenial pasti ikutan program debit otomatis untuk setoran investasi," kata Prita kepada CNBC Indonesia.

Dia menuturkan bahwa usahakan untuk menyisihkan penghasilan setiap bulan dan rajinlah melakukan evaluasi. Selalu cek penambahan penghasilan tiap tahun agar menjaga porsi investasi 15% dari penghasilan. 

Menurut Prita, setiap awal tahun rupiah yang diinvestasikan pasti berubah (naik) untuk itu sebaiknya bekali diri Anda dengan ilmu berinvestasi dan tidak hanya menggunakan perasaan semata. Meski berinvestasi, namun jangan lupakan untuk tetap memberi reward bagi diri Anda sendiri.

"Investasi tuh paling asyik kalau saldo mencapai target. Anda pasti punya investasi buat jangka pendek yg bisa diambil buat liburan, beli barang agak mahal, atau lainnya. Investasi itu ibarat menanam pohon yang akan meneduhkan hati kita di masa depan," kata dia.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading