Dolar AS Masih Tinggi, Kopi Singa Terbitkan MTN Rp 74,34 M

Investment - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
20 September 2018 08:40
Produsen Kopi Singa PT Puji Surya Indah menerbitkan surat utang menengah (medium term notes/MTN) senilai US$ 5 juta (setara Rp 74,34 miliar).
Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen Kopi Singa PT Puji Surya Indah menerbitkan surat utang menengah (medium term notes/MTN) senilai US$ 5 juta (setara Rp 74,34 miliar). Penerbitan oleh kopi sponsor FC Barecelona tersebut terjadi ketika nilai tukar rupiah masih terkoreksi dalam terhadap dolar Amerika Serikat. 

MTN dengan nama Puji Surya Indah I Tahun 2018 Seri A tersebut baru dicatatkan di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia hari ini (19/9/18). Bunga MTN itu ditetapkan 1,5% per tahun dengan tenor 5 tahun. Bertindak sebagai pengatur penerbitan (arranger) adalah PT Mandiri Sekuritas. 

Saat ini, nilai tukar dolar AS masih berada di level tertinggi sejak krisis moneter 1998, yaitu di kisaran Rp 14.800-an untuk setiap dolar AS. 


Puji Surya Indah adalah produsen kopi dan distributor barang konsumsi dengan basis kegiatan di Jawa Timur. Perusahaan memulai usaha penjualan kopi dan makanan serta minuman kaleng sejak 1928 dengan bentuk toko sederhana bernama Tjeng Gwan oleh pendirinya yang bernama Go Soe Poei. 

Pada 1990-an, modernisasi pada perusahaan mulai dikembangkan dan menjadikan toko tersebut menjadi perseroan terbatas pada tahun 2000.

Puji Surya Indah juga memulai membuka cabang di luar Surabaya dan merangkul kota besar lain di Indonesia dengan menjual kopinya dan menjadi distribusi utama makanan ringan merk Monde, Khong Guan, susu Nutricia, dan sirup Marjan. 

Sejak 2003, perusahaan mulai dipimpin salah satu anggota keluarga pendiri yaitu Pujiono Sudargo. Pada 2017, Pujiono membawa Kopi Singa menjadi sponsor resmi regional klub Catalan asal Spanyol, FC Barcelona, hingga 2019 dan semakin menancapkan nama perusahaan sebagai produsen kopi terbesar kedua di Indonesia.  

TIM RISET CNBC INDONESIA
(irv/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading