Rugi Investasi Bodong Rp 105 T, Termasuk Abu Tours Cs

Investment - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
25 May 2018 - 11:56
Rugi Investasi Bodong Rp 105 T, Termasuk Abu Tours Cs
Jakarta, CNBC Indonesia - Satgas Waspada Investasi mencatat, total kerugian akibat investasi bodong sepanjang 2007-2017 mencapai Rp 105,81 triliun. Nilai ini berasal dari kasus investasi bodong yang sudah diperkarakan di meja persidangan.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, ada beberapa kasus investasi bodong yang cukup menarik perhatian dan menimbulkan kerugian cukup signifikan di masyarakat.

Pertama adalah empat kasus travel umrah yang menelan kerugian sebesar Rp 3,04 triliun. Kasus ini berasal dari kasus First Travel yang menelan kerugian Rp 924,99 miliar, Hannien Tour sebesar Rp 37,64 miliar, Solusi Balad Lumampah senilai Rp 310 miliar dan Amanah Bersama Umat (Abu Tours) sebesar Rp 67 miliar.

Kemudian ada kasus Dream for Freedom yang menelan korban 700 ribu orang dan kerugian sebesar Rp 3,5 triliun. Selanjutnya, ada penipuan oleh Pandawa Group sebesar Rp 3,8 triliun dan Cakrabuana Sukses Indonesia sebesar Rp 1,6 triliun.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan, rendahanya tingkat literasi berhubungan dengan maraknya korban akibat kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi ilegal.

"Seperti kita ketahui, total kerugian akibat kegiatan investasi ilegal dalam 10 tahun terakhir mencapai lebih dari Rp100 triliun. Tentunya ini perlu kita cegah. Kami akan perkuat dan prioritaskan aspek pencegahan, sehingga setiap kegiatan investasi ilegal tidak sampai menimbulkan korban dalam jumlah yang signifikan," ujar dia di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Oleh karena itu, menurut Wimboh, keberadaan Satgas Waspada Investasi dalam melakukan pencegahan maupun penanganan terhadap kegiatan investasi ilegal di masyarakat, tentu semakin relevan dan penting.




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading