4 Aturan Keuangan yang Harus Jadi Prioritas di Usia 30

Investment - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
11 May 2018 18:11
4 Aturan Keuangan yang Harus Jadi Prioritas di Usia 30
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengaturan keuangan mungkin masih berantakan saat usia 20 tahunan. Namun ketika sudah menginjak 30 tahun maka perlu memiliki pemahaman yang kuat mengenai pengaturan finansial pribadi.

Ingat, Anda sudah mendekati ujung masa produktif maka pastikan pengaturan keuangan telah berjalan dengan baik. Berikut empat aturan penting yang perlu diketahui ketika Anda sudah memasuki usia 30 tahun.

1. Buka Lebih dari 1 Tabungan Dana Pensiun


Dilansir dari CNBC Make It, para ahli menyarankan untuk membuka akun tabungan lebih dari satu khusus buat dana pensiun. Pertimbangkan membuat tabungan alternatif pensiun seperti untuk kesehatan atau lainnya.

Ingatlah kalau Anda harus siap secara finansial ketika pensiun di usia 67 tahun. Para perencana keuangan menyarankan untuk memiliki setidaknya tiga kali gaji Anda ketika berusia 40 tahun. Jangan lupa selalu mengevaluasi rekening pensiun apakah sekiranya sudah cukup memenuhi kebutuhan masa depan.

2. Investasi

Investasi menjadi salah satu cara paling efektif membangun kekayaan. Jika Anda belum pernah berinvestasi di usia 20 maka ketika menginjak umur 30 perlu mencobanya. Anda tidak perlu memasukkan banyak uang saat baru mulai.

Kini banyak aplikasi atau platform yang menyediakan sarana berinvestasi jangka panjang dengan jumlah nominal terjangkau. Beberapa jenis investasi juga mudah dimengerti serta diakses.

3. Rencanakan Pembelian

Anda akan menjadi boros jika tidak pernah merencanakan sesuatu yang akan dibeli. Rencanakan sejak sekarang apa saja yang dibutuhkan besok, sebulan, setahun, bahkan lima tahun lagi. Kemudian berhematlah.


Jika Anda di masa depan ingin membeli rumah atau melakukan traveling ke luar negeri, rencanakan bagaimana bisa menabung untuk hal tersebut. Hitung berapa uang yang perlu Anda hemat sehari-hari serta mulai menyisihkan penghasilan dalam jumlah tertentu setiap bulan.

4. Siapkan Dana Darurat

Hidup tak selalu berjalan seperti yang diinginkan. Anda bisa saja kehilangan pekerjaan, mendadak sakit, atau butuh uang untuk hal darurat. Oleh karena itu, penting memikirkan tabungan dana darurat ketika usia 30 tahun.

Sisihkan tabungan dana darurat secara rutin setidaknya tiga sampai enam bulan. Pertimbangan jenis tabungannya bisa dalam bentuk rekening atau deposito yang mudah dicairkan. Beberapa ahli juga menyarankan untuk mengambil saham atau obligasi.


Sementara perencana keuangan syariah, Dr. Murniati Mukhlisin, M. Acc, menyarankan untuk menyiapkan dana darurat dalam bentuk tabungan rekening. Untuk nominalnya, disarankan enam kali gaji pokok atau rata-rata penghasilan setiap bulan. Jumlah penyisihan setiap bulan tak perlu ditentukan bisa dilakukan berdasarkan kesanggupan.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading