Ini Trik Jitu Kelola Keuangan Bagi Wanita Modern

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 May 2018 09:30
Ini Trik Jitu Kelola Keuangan Bagi Wanita Modern
Jakarta, CNBC Indonesia - Menyenangkan diri sendiri bagi setiap wanita adalah hal penting. Hanya saja terkadang yang menjadi masalah adalah cara mereka mengontrol keuangan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengela keuangan bagi wanita modern saat ini. Director of Operations AXA Mandiri, Ni Nyoman Trisnasari mengatakan bahwa cara untuk mengelola keuangan yang baik adalah pastikan memiliki cita-cita yang rinci dan jelas sebagai motivasi.

"Banyaknya kebutuhan dan tren kekinian banyak membuat para wanita modern sulit untuk mengelola keuangan. Meski begitu pastikanlah cita-cita Anda yang rinci dan jelas sebagai motivasi untuk mengelola keuangan," ujar Ni Nyoman Trisnasari kepada CNBC Indonesia saat acara Wanita Juara dari AXA Mandiri di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (6/5/2018).


Dia menuturkan bahwa berinvestasi secara teratur dan memiliki tabungan untuk dana darurat juga sangat disarankan. Hanya saja perlu diingat hal itu untuk sisihkan bukan sisakan.

Pastikan Anda memiliki proteksi asuransi yang cukup khususnya bagi mereka pencari nafkah. Jika memang Anda terpaksa berutang, pastikan agar total rincian tidak lebih dari 30%.

Cobalah untuk membuat anggaran bulanan dan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Jangan lupa utamakan untuk kebutuhan bukan keinginan.

"Utang boleh saja asal dengan total cicilan tidak lebih dari 30%. Kelola uang yang masuk dan utamakan digunakan untuk kebutuhan bukan keinginan," kata dia.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading