Ini Aturan Dasar Mengelola Keuangan Ideal

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 May 2018 12:33
Ini Aturan Dasar Mengelola Keuangan Ideal
Jakarta, CNBC Indonesia - Hingga saat ini masih banyak orang kurang paham tentang mengelola keuangan yang tepat. Tidaklah heran kalau pendapatan mereka selalu habis tanpa sisa.

Tak hanya dituntut cermat dalam setiap pengeluaran tapi Anda juga harus mengontrol semua pemasukan. Director of Operations AXA Mandiri, Ni Nyoman Trisnasari mengatakan untuk mengelola keuangan ideal pastikan memisahkan dan membagi pendapatan mereka.

Misal, tentukan 10% dari seluruh pendapatan Anda untuk donasi atau sedekah. Kemudian sisihkan pula 20% untuk tabungan dan investasi masa depan.


"Jangan salah dalam mengelola keuangan idel ternyata ada pakem dan persentase dalam pembagiannya. Jadi bisa 10 % untuk sedekah dan 20 % untuk ditabung," ujar Ni Nyoman kepada CNBC Indonesia.

Dia menuturkan bahwa dari seluruh pendapatan Anda bila memang berutang pastikan tidak lebih dari 30%. Adapun hal ini juga termasuk untuk membayar cicilan.

Terakhir, Anda bisa menyisihkan 40% dari pendapatan untuk kebutuhan dan keperluan yang rutin. Beberapa diantaranha seperti untuk berbelanja, kebutuhan bulanan dan uang sekolah.

"Sekecil apapun pendapatan Anda sebaiknya pisahkan pemasukan Anda karena ini ampuh membuat keuangan lebih rapi sekaligus dapat menabung. Sesuaikan dengan porsi yang ditentukan tidak lebih atau kurang," kata dia.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading