Ingin Jadi Orang Kaya? Ini 3 Rahasia Memupuk Kekayaan

Investment - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
21 April 2018 18:59
Untuk bisa memupuk kekayaan, Elle Kaplan CEO LexION Capital menyarankan untuk setia pada perusahaan, tidak berhutang dan diversifikasi investasi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Semua orang bisa jadi kaya. Akan tiba waktunya Anda jadi kaya, jadi jangan pernah ragu tidak akan pernah berhasil. Kuncinya adalah jangan terburu-buru untuk jadi sukses, karena sukses tidak pernah terjadi dalam semalam.
 
Menurut Elle Kaplan, pendiri dan CEO LexION Capital, sebuah perusahaan manajemen kekayaan fidusia di New York City yang melayani individu kaya raya, dan juga seorang kepala investasi dan pendiri LexION Alpha, ada 3 rahasia besar yang dianggapnya sebagai aspek utama dalam membangun kekayaan.

Ia mengatakan hanya mereka yang sabar dan gigih yang bisa mendapatkan imbalan jangka panjang.
 
Memang benar rumitnya mengelola pekerjaan dan mengurusi rumah bisa mengalihkan perhatian dari menjalankan perencanaan keuangan jangka panjang. Jadi, untuk membuat prosesnya lebih sederhana, dilansir dari CNBC International, berikut rahasia menumbuhkan kekayaan dari Elle Kaplan.
 
1. Jangan berhenti dari pekerjaan
 
Satu rahasia membangun kekayaan yang tidak diketahui secara luas adalah seseorang bisa mendapat banyak manfaat dengan setia pada satu pekerjaan selama mungkin. Penelitian menunjukkan, pensiunan yang paling kaya bekerja di satu tempat selama 30-40 tahun.
 
Ketika seseorang setia pada satu pekerjaan dan berinvestasi dalam bentuk peningkatan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka Anda akan menghasilkan uang yang bisa digunakan dan dinikmati di masa depan.
 
Tips bonus: Ketika pertama kali mencari pekerjaan jangka panjang, pastikan itu adalah sesuatu yang benar-benar disukai. Pekerjaan tersebut haruslah membuat Anda termotivasi, bersemangat, dan merasa terlibat.

2. Jangan terus berhutang
 
Tidak berhutang memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun tetap saja hal itu masih bisa dilakukan. Hanya dibutuhkan disiplin diri untuk menghindari kebiasaan belanja yang tidak sehat.
 
Ingat bahwa berhutang hanya akan membuat bunga utang menumpuk dan semakin banyak biaya yang harus ditanggung. Utang memengaruhi kesehatan keuangan secara keseluruhan dan dapat berdampak negatif pada tujuan keuangan jangka panjang.
 
Utang juga menguras sebagian besar dari penghasilan, yang seharusnya dapat digunakan untuk investasi.
 
Jadilah hemat dengan membuat perubahan kecil dalam hidup. Bagaimanapun juga berbelanja tunai lebih baik daripada memakai kartu kredit. Jika sudah terjebak dalam utang kartu kredit, usahakan selalu membayar tagihan lebih banyak dari jumlah minimum yang harus dibayar agar bisa melunasinya jauh lebih cepat.
 
3. Diversifikasi investasi


Buatlah beragam portofolio untuk mengurangi risiko dan menyiapkan diri terhadap perubahan pasar yang bisa saja tiba-tiba datang. Berinvestasilah secara global dalam berbagai kelas aset agar terhindar dari kerugian apabila suatu aset merugi. Jangan menginvestasikan seluruh kekayaan dalam satu instrumen investasi. Pikirkan jangka panjang.
 
Berkonsultasilah dengan profesional untuk belajar bagaimana cara menyelaraskan strategi diversifikasi dengan tujuan dan kebutuhan pribadi.
 
Intinya, membangun kekayaan adalah tantangan yang hanya dapat dijalani oleh orang yang paling gigih. Dibutuhkan kontrol diri dan disiplin yang nyata untuk dapat memetik hasil yang menguntungkan dan untuk dapat mengetahui bahwa kekayaan telah bertumbuh dari waktu ke waktu. Pekerjaan saat ini merupakan landasan untuk kebahagiaan masa depan. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading