Hai Investor, Ini Perbandingan Bunga Deposito Vs Sukuk Ritel

Investment - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 February 2018 13:45
Hai Investor, Ini Perbandingan Bunga Deposito Vs Sukuk Ritel
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah resmi menawarkan sukuk ritel (sukri) SR-010 kepada publik mulai hari ini (23/2/2018). Pemerintah menawarkan imbal hasil 5,9% per tahun dengan tenor 3 tahun.

Surat berharga syariah ini akan ditawarkan pada 23 Februari hingga 16 Maret mendatang. Investor bisa mendapatkan melalui 22 agen penjual.

Di Indonesia salah satu instrumen investasi yang cukup populer adalah bunga deposito. Banyak masyarakat yang memilih berinvestasi pada produk bank ini karena dianggap cukup aman.


Jika dibandingkan dengan bunga deposito, sebagian besar bank menawarkan bunga yang lebih rendah ketimbang imbal hasil Sukuk Ritel SR-010. Namun ada beberapa bank yang menawarkan bunga lebih tinggi.

Berdasarkan Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia pada 22 Februari 2018 ada 6 bank yang menawarkan bunga deposito diatas imbal hasil Sukuk Ritel SR-010. Yakni, Deposito 1 tahun Bank Bukopin dengan bunga 6,1% per tahun dan deposito 1 tahun Bank CIMB Niaga memberikan bunga 6,4% per tahun.

Sisanya, deposito 1 tahun Bank Commenwealth dengan bunga 6,5% per tahun. Deposito 1 tahun Bank ICBC Indonesia berbunga 6,5% per tahun. Deposito 1 tahun Bank Mayora dengan bunga 6% per tahun. Deposito 1 tahun dari Bank Panin yang beri bunga 6% per tahun.

Minimal investasi di sukuk ritel SR-010 sebesar Rp 5 juta sedangkan deposito Rp 10 Juta. Deposito tidak bisa diperdagangkan, harus dipegang hingga jatuh tempo dan bisa di perpanjang dengan bunga menyesuaikan pasar.

Sementara sukuk ritel SR-010 bisa diperdagangkan sejak tanggal 10 April 2018. Pemerintah akan membawarkan kupon tetap setiap tiap bulan. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading