Akun WhatsApp Dikloning & Dibajak? Ini Cara Memulihkannya

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
12 July 2019 19:23
Akun WhatsApp Dikloning & Dibajak? Ini Cara Memulihkannya
Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi berbagi pesan WhatsApp memang memiliki fitur end-to-end enkripsi yang membuat pesan tak bisa dibaca oleh orang lain. Namun hal ini ternyata tidak cukup, sebab akun WhatsApp masih bisa dikloning untuk melakukan tindakan jahat.

Menurut laporan News Bytes, untuk mengambilalih akun WhatsApp pengguna, pelaku kejahatan hanya perlu memperoleh kode QR Web WhatsAppp atau dengan mendaftarkan nomor pengguna di perangkat lain setelahnya mencari cara untuk memperoleh verifikasi supaya bisa membuka akun WhatsApp tersebut.


Bila akun Anda sudah terlanjut dikloning dan diambilalih (takeover), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memulihkan kembali akun WhatsApp:
  1. Memutus koneksi perangkat yang tidak diketahui dengan akun WhatsApp. Caranya: Setting -> WhatsApp Web/Desktop -> Log out from all devices
  2. Aktifkan 2-step verification. Caranya: Setting -> Account -> 2-step verification -> active -> Masukkan PIN -> Masukkan Email
  3. Hubungi WhatsApp. Caranya: email ke support@whatsapp dengan subject: "lost/stolen: please deactive my account". Dalam email tersebut sebutkan nomor ponsel yang digunakan.



(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading