Pelapak Asing di Toko Online

Ngeri, Mudah dan Murahnya Belanja Barang China di Shopee Cs

Fintech - Redaksi, CNBC Indonesia
10 July 2019 11:29
Ngeri, Mudah dan Murahnya Belanja Barang China di Shopee Cs
Jakarta, CNBC Indonesia - Tuti senang bukan kepalang, paket yang dia tunggu-tunggu akhirnya datang. Paket baju renang untuk putrinya sampai ke rumahnya di Bekasi, hanya berselang sepekan dari hasil dia berselancar belanja online di e-commerce Shopee.

Ibu rumah tangga ini cukup takjub dengan kecepatan dan biaya pengiriman yang cepat dan murah. Satu set pakaian renang anak-anak dibanderol Rp100 ribu dengan ongkir hanya Rp10 ribu, sudah tiba dalam kurang waktu sepekan.

"Jatuhnya jauh lebih murah banget, kalo beli langsung di sini, bisa Rp300-400 ribu" kata Tuti kepada CNBC Indonesia.


Yang menarik barang yang murah meriah dengan ongkir cepat dan murah itu datang dari China. Tuti memastikan kalau pakaian renang anaknya berlabel made in China dan tanda pengiriman paket dari perusahaan logistik Negeri Tirai Bambu.


Cerita lain datang dari Mamat, warga Jakarta itu pernah membeli perangkat kabel
data asal China yang ia beli dari dengan harga Rp10.400 di toko online eBay. Ia tak sama sekali kena biaya ongkir alias gratis dan waktu pengiriman kurang dari dua minggu. Padahal bila ia membeli barang yang sama di dalam negeri harganya sampai Rp25 ribu lebih termasuk ongkir.

Ada benang merah dari pengalaman Tuti dan Mamat saat berbelanja online produk China, ia mendapatkan barang impor mudah, murah, dan terhitung cepat untuk produk yang didatangkan dari negara yang jaraknya ribuan kilometer dari Indonesia.

Hal yang sama juga dirasakan Indri. Wanita berusia 30 tahun ini membeli mainan anak dari e-commerce Lazada seharga Rp 180 ribu. Bila dibandingkan dengan dengan produk yang sama yang dijual di Lazada harganya Rp 300 ribu.

Barangnya yang dibeli berasal dari Taobao. Barang yang dibeli juga dikirim dari China dengan gratis ongkos kirim. Barang sampai ke rumah setelah lima hari melunasi pembayaran.

Dalam dunia e-commerce memang tak ada larangan produk negara mana yang dijual termasuk impor China atau negara lainnya. Platform e-commerce biasanya hanya memberikan daftar jenis barang-barang yang terlarang diperdagangkan, Shopee misalnya punya Kebijakan barang tertentu yang dilarang dan dibatasi.

"Merupakan tanggung jawab penjual untuk memastikan bahwa barang yang mereka ajukan mematuhi semua undang-undang dan diizinkan untuk didaftarkan untuk dijual sesuai dengan ketentuan dan kebijakan Shopee sebelum pendaftaran barang pada platform penjualan," jelas Shopee dalam penjelasannya di situs daring mereka.



(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading