Apakah Libra Facebook Legal di RI? BI: yang Sah Hanya Rupiah

Fintech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
20 June 2019 15:06
Apakah Libra Facebook Legal di RI? BI: yang Sah Hanya Rupiah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) angkat bicara soal uang digital (cryptocurrency) milik Facebook yang diberi nama Libra. BI menegaskan 'uang' Facebook tersebut tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menegaskan mata uang pembayaran resmi di Indonesia adalah rupiah. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Bank Indonesia dan aturan BI.


"Alat pembayaran apapun yang beredar di Indonesia harus tunduk pada aturan BI. tentu saja BI cermati dan waspadai terharap perkembangan yang terjadi," jelas Perry Warjiyo di Gedung BI, Jakarta, Kamis (20/6/2019).


Perry menambahkan perlakuan yang sama juga terjadi pada Bitcoin di mana cryptocurrency paling populer di dunia ini bukan alat pembayaran yang sah.

"Libra akan kita lihat dan teliti lebih lanjut dan kami akan kaji dan hasil kajiannya akan kami berikan nanti. Tetapi kami tegaskan alat pembayaran sah Indonesia adalah rupiah," jelas Perry.

Libra merupakan cryptocurrency Fecebook yang akan diterbitkan semester I-2020. Libra akan dikaitkan dengan mata uang resmi seperti dolar, yen dan euro sehingga harganya tidak terlalu volatil seperti cryptocurrency lain.

Simak video tentang Libra Facebook di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading