Diceraikan Android Google, OS Huawei Meluncur Tahun Ini

Fintech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
23 May 2019 14:59
Diceraikan Android Google, OS Huawei Meluncur Tahun Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies akan memakai sistem operasi sendiri untuk smartphone dan laptop yang digunakan di China pada musim gugur tahun ini. Hal ini diungkapkan kata kepala divisi konsumen Huawei kepada CNBC international, Kamis (23/5/2019).

Namun, dia menekankan itu hanya akan terealisasi jika Huawei sepenuhnya berhenti menggunakan perangkat lunak Google dan Microsoft.

AS telah memasukkan Huawei dalam blacklist perusahaan yang harus mendapatkan izin pemerintah bila ingin bertransaksi dengan perusahaan AS. Keputusan ini membuat Android Google tidak bisa lagi melisensi software yang ada di ponsel Huawei.


Namun, Washington memberikan penangguhan hukuman sementara selama 90 hari untuk Huawei, yang akan memungkinkannya untuk terus menggunakan teknologi Amerika, setidaknya untuk saat ini.


Huawei pernah mengatakan, ia memiliki sistem operasi sendiri. Kini, salah satu top eksekutif perusahaan mengatakan sistem operasi tersebut akan siap pada kuartal keempat tahun ini, dan versi pasarnya di luar China tersedia di kuartal pertama atau kedua tahun 2020.

"Hari ini, Huawei, kami masih berkomitmen untuk Microsoft Windows dan Google Android. Tetapi jika kita tidak dapat menggunakannya, Huawei akan menyiapkan rencana B untuk menggunakan OS kita sendiri," Richard Yu, CEO bisnis konsumen Huawei.

Jika Huawei tidak diizinkan menggunakan Android, itu bisa merusak karena ponsel tidak akan memiliki Google Play Store, tempat konsumen dapat mengunduh aplikasi. Sebagai gantinya, pengguna perlu menemukan cara lain untuk menginstal aplikasi favorit mereka.

Namun, Richard Yu mengatakan app store Huawei sendiri, yang dikenal sebagai App Gallery, akan tersedia di sistem operasinya sendiri. App Gallery diinstal pada perangkat Huawei saat ini, tetapi app store default untuk konsumen yang sering digunakan adalah Google Play Store.

Simak video tentang deklarasi darurat nasional bidang teknologi di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading