Induk TikTok Bikin Aplikasi Chat, Tantang Super App WeChat?

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
20 May 2019 - 16:49
Induk TikTok Bikin Aplikasi Chat, Tantang Super App WeChat?
Jakarta, CNBC Indonesia - Di China, aplikasi berbagi pesan (chat) didominasi oleh perusahaan Tencent, WeChat. Namun, fakta tersebut tidak membuat para pemain untuk mundur, baru-baru ini pembuat aplikasi streaming video populer TikTok, ByteDance ikut menantang WeChat.

Aplikasi baru ini disebut Feiliao, atau Flipchat dalam bahasa Inggris adalah gabungan dari messenger instan plus forum berbasis minat, dan saat ini tersedia untuk iOS serta Android. Tepat 4 bulan setelah Bytedance meluncurkan aplikasi obrolan dengan video yaitu Duoshan di sebuah acara pers buzzy.


Feiliao memang terlihat seperti penantang WeChat, tetapi melihat lebih dekat menunjukkan itu menargetkan kebutuhan yang lebih spesifik. Di mana WeChat adalah tempat untuk berkomunikasi sehari-hari selain dari memfasilitasi pembayaran, memanggil mobil, pengiriman makanan dan fitur lainnya.


Feiliao, agak berbeda karena lebih mendorong pengguna untuk membuat forum dan grup obrolan yang berpusat di sekitar kegemaran dan hobi mereka. Dilansir dari Tech Crunch, perusahaan mengatakan:

Induk Tiktok Bikin Aplikasi Chat, Tantang Super App WeChat?Foto: Ist

"Feiliao adalah aplikasi sosial berbasis minat. Di sini Anda akan menemukan [fitur] akrab chatting dan panggilan video. Selain itu, Anda akan menemukan teman baru dan membagikan apa yang menyenangkan; serta berbagi kehidupan sehari-hari Anda di feed Anda dan berinteraksi dengan teman dekat."

Feiliao "adalah produk sosial terbuka," kata ByteDance. "Kami berharap Feiliao akan menghubungkan orang-orang dengan minat yang sama, membuat hidup orang lebih beragam dan menarik." Namun, hingga saat ini belum jelas apa yang dimaksud Feiliao dengan kata 'terbuka'.


Di sisi lain, Alibaba, musuh lama Tencent, memungkinkan fungsi pembayaran Feiliao melalui dompet digital Alipay. Alibaba juga bermitra dengan Bytedance, terutama di TikTok Douyin versi China di mana pengguna tertentu dapat menjual barang melalui toko Taobao.

Secara keseluruhan, Feiliao lebih fokus pada aplikasi sosial yang memungkinkan pengguna menemukan konten dan terhubung satu sama lain berdasarkan berbagai topik, menjadikannya salah satu mitra terdekat dari Reddit di Cina.


"Saya pikir [Feiliao] adalah produk yang berlabuh di 'komunitas', seperti grup untuk hobi, pemimpin opini kunci / selebritas, orang-orang dari kota yang sama, dan alumni," kata seorang manajer produk untuk startup perangkat lunak perusahaan China setelah mencoba aplikasi.

Meskipun Feiliao bukan merupakan penantang langsung terhadap WeChat, ada sedikit keraguan bahwa pertarungan antara Bytedance dan Tencent telah memanas secara luar biasa ketika berbicara perebutan perhatian pengguna.

Simak video tentang 10 aplikasi paling populer di dunia:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading