CNBC Indonesia VIP Forum

Wadirut BCA: Fintech Bukan Kompetitor

Fintech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
09 May 2019 - 16:30
Wadirut BCA: Fintech Bukan Kompetitor
Jakarta, CNBC Indonesia- Fintech disebut-sebut mendisrupsi sistem keuangan, khususnya perbankan. Tapi pelaku industri perbankan justru membantah anggapan tersebut.

Wakil Direktur Utama BCA Armand Hartono mengungkapkan, fintech bukanlah kompetitor. Hal ini sama saja, dengan adanya bank-bank baru lainnya.




"Bagi kami tidak [kompetitor]. Karena sebuah perusahaan hanya bisa fokus 1-2 segmen tertentu saja, misalnya Bukopin, kami sama-sama bank tapi kami layani segmen yang banyak beda juga. Seperti BRI juga, dan BCA juga fokus di perdagangan, transactional," papar Armand di acara CNBC Indonesia VIP Forum, Kamis (9/5/2019).

Menurut Armand, teknologi pada dasarnya akan membantu segala macam proses. Teknologi bukan bisnis, tapi bisa membantu bisnis.

"Kan ada nasabah yang merasa diteror oleh banyak platform dan ternyata dia pinjam di belasan platform. Kalau kita kan bertanggung jawab di bank ini. Beri financing ke yang kami paham benar untuk produktifitas," kata Armand.

Wadirut BCA: Fintech Bukan KompetitorFoto: CNBC Indonesia VIP Forum bertajuk "Banking & Fintech: Inovasi dan Peran Digital Dorong Inklusi Keuangan". di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (9/5/2019). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)


Oleh karena itu, sambung Armand, fintech ini tidak membuat perbankan kehilangan perannya. Jadi, menurutnya bukanlah kompetitor.


(dru/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading