Inggris Batasi Akses Huawei ke Jaringan 5G

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 April 2019 17:58
Inggris Batasi Akses Huawei ke Jaringan 5G
London, CNBC Indonesia - Inggris akan memblokir Huawei Technologies asal China dari semua bagian inti jaringan 5G sementara akses ke bagian non-inti akan dibatasi, kata seorang sumber di bidang keamanan.

Huawei, produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, berada di bawah pengawasan ketat setelah Amerika Serikat (AS) mengatakan kepada sekutunya untuk tidak menggunakan teknologinya karena khawatir perangkatnya dapat digunakan sebagai alat mata-mata China.

Inggris Batasi Akses Huawei ke Jaringan 5GFoto: Huawei (REUTERS/Aly Song)

Daily Telegraph melaporkan bahwa Inggris akan mengizinkan akses terbatas Huawei ke jaringan itu.


Sayangnya Tom Tugendhat, ketua Komite Urusan Luar Negeri Inggris, mengatakan sangat sulit untuk membuat perbedaan antara jaringan inti dan non-inti dalam 5G karena cara pembangunannya yang rumit.


"Ini masih menimbulkan kekhawatiran," katanya kepada BBC Radio, dilansir dari Reuters. "Definisi inti dan non-inti adalah definisi yang sangat sulit dalam 5G.

"(5G) memang berubah dari sistem internet yang lebih cepat menjadi sistem internet yang benar-benar dapat menghubungkan semuanya, dan oleh karena itu perbedaan antara non-inti dan inti jauh lebih sulit untuk dibuat."

AS khawatir akan kalah dari China dalam hal dominasi teknologi 5G.

Teknologi 5G akan menawarkan kecepatan data yang jauh lebih cepat dan menjadi batu fondasi dari banyak industri dan jaringan. Ini adalah teknologi revolusioner, menurut para pakar senior dunia maya Barat.


Saksikan video mengenai gugatan Huawei kepada pemerintah AS berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading