Mobil Listrik Grab & Hyundai Bakal Mengaspal di Indonesia

Fintech - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
19 February 2019 20:42
Mobil Listrik Grab & Hyundai Bakal Mengaspal di Indonesia
Jakarta, CNBC Indonesia - Implementasi kerja sama antara Grab dan produsen mobil Korea Selatan Hyundai mulai terungkap. Grab dan Hyundai akan mengimplementasikan penerapan mobil listrik di Indonesia.

Hal tersebut terungkap setelah CEO Grab Anthony Tan bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Detikcom Selasa (19/2/2019).

Luhut Pandjaitan mengatakan Grab berminat masuk ke sektor produksi mobil listrik bersama Hyundai di Indonesia. "Grab, dia mau masuk ke sini (Indonesia) dengan Hyundai. Menyangkut mobil listrik," kata Luhut seusai pertemuan.


Luhut mengaku belum bisa menjelaskan lebih jauh lantaran baru pertama kali melakukan pertemuan dengan Anthony Tan dalam membicarakan hal tersebut.

Dia mengatakan ada kemungkinan bahwa Grab akan menjadi partner Hyundai dalam hal produksi mobil listrik. "Partnernya kali, nggak tahu saya, baru juga ngomong, baru sekali," ungkap dia.

Grab sebelumnya telah mendapatkan kucuran dana sebesar US$250 juta atau setara Rp 3,7 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.800) dari Hyundai Motor Company dan Kia Motors Corporation. Kerja sama ini juga akan dimulai program terkait kendaraan listrik (Electric Vehicle) di Asia Tenggara.

Hyundai kemudian menyatakan akan memproduksi kendaraan listrik di Indonesia, yang merupakan bagian dari investasi Rp 12 triliun. Hal ini diungkap oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian Harjanto, Kamis (20/12/2018) dikutip dari Reuters.

Hyundai yang berafiliasi dengan Kia Motors adalah pembuat mobil terbesar No.5 di dunia. Mereka berencana untuk membangun pabrik di Indonesia dengan kapasitas sekitar 250.000 unit, termasuk untuk mobil listrik, kata Harjanto dilansir dari Reuters.

Pada kesempatan berbeda Grab juga akan meluncurkan 200 mobil listrik di Singapura. Peluncuran mobil listrik ini akan dilakukan secara bertahap dan dimulai pada Jumat (11/1/2019).

Grab akan menggunakan 200 mobil listrik Hyundai Kona 64 kWH, dan pada kloter pertama akan meluncurkan 20 kendaraan. Sisanya diperkenalkan beberapa minggu ke depan.


Tonton video Mobil Listrik, Mobil Masa Depan

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading