e-Commerce

Pengusaha Toko Online Kritik Pajak e-Commerce

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
14 January 2019 10:34
Pengusaha Toko Online Kritik Pajak e-Commerce Foto: Desain : Freepik.com
Jakarta, CNBC Indonesia - Asosiasi e-commerce Indonesia (iDEA) menyesalkan atas terbitnya PMK 210 tentang pajak e-commerce yang tanpa sosialisasi. Hal ini dianggap bisa menghambat pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Untuk itu, iDEA bersama pelaku usaha industri mengajak para pemangku kepentingan untuk mencari jalan tengah dalam proses implementasinya sehingga tidak mematikan potensi e-commerce.

"Mari kita bersama-sama mencari cara agar penerimaan pajak bisa tercapai tanpa mengorbankan harapan pertumbuhan ekonomi dari UMKM dalam jangka panjang," ujar Ketua iDEA Ingasius Untung dalam keterangan tertulis, Senin (14/1/2019).


"Dan untuk menemukan keseimbangan ini perlu kajian yang matang dan melibatkan semua pemangku kepentingan."

Berdasarkan studi yang dilaksanakan oleh iDEA pada 1.765 pelaku UKM di 18 kota di Indoensia, 80% dari pelaku UMKM masih masuk kategori mikro, 15% masuk kategori kecil dan 5% yang sudah bisa dikatakan masuk usaha menengah.

iDEA melihat pemberlakuan PMK 210 tentang e-commerce bisa terlihat sebagai entry barried (halangan), yang sama sekali tidak mempermudah perjuangan UMKM dalam bertahan dan mengembnagkan usaha namun malah membebani mereka.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading