Siapkan Bisnis Fintech, LINE Akuisisi 20% Saham Bank KEB Hana

Fintech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
28 October 2018 09:46
Siapkan Bisnis Fintech, LINE Akuisisi 20% Saham Bank KEB Hana
Jakarta, CNBC Indonesia - Platform pertukaran pesan LINE Corporation akan mengakuisisi 20% saham PT Bank KEB Hana Indonesia demi memperluas layanan perbankan digital LINE di Indonesia.

Akuisisi saham itu akan dilakukan melalui anak usahanya, LINE Financial Asia. Dengan demikian, perusahaan akan menjadi pemegang saham terbesar kedua di Bank KEB Hana Indonesia, dikutip dari siaran pers yang diterima CNBC Indonesia, Minggu (28/10/2018).



Menurut data perusahaan, pemilik terbesar saham terbesar di bank tersebut adalah KEB Hana Bank dari Korea Selatan dengan kepemilikan 89%. Sebanyak 9.99% saham dimiliki International Finance Corporation sementara 1,01% dimiliki Bambang Setijo.


Melalui akusisi ini, LINE akan menambahkan perbankan digital sebagai bagian dari ragam layanan dan konten platformnya yang dinikmati oleh penggunanya di Indonesia. Perusahaan asal Jepang itu menyasar lebih dari 100 juta populasi Indonesia yang telah menggunakan ponsel pintar (smartphone) dan merupakan pengguna media sosial.

"Bagi LINE Financial Asia, perjanjian ini memperkuat posisi perusahaan di Indonesia dan di tingkat global seiring dengan pertumbuhannya sebagai penyedia layanan fintech dan perbankan digital," menurut pernyataan tersebut.

Siapkan Bisnis Fintech, LINE Akuisisi 20% Saham Bank KEB HanaFoto: Gustidha Budiartie
"Melalui kerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia, kami akan meluncurkan layanan perbankan yang mudah digunakan serta inovatif di Indonesia," ujar CEO LINE Financial Asia In Joon Hwang. "Perjanjian ini merupakan langkah yang penting dalam menjadi pemimpin di industri mobile banking dan memperluas layanan fintech kami."

Sedangkan bagi Bank KEB Hana Indonesia, perjanjian ini diharapkan dapat menghasilkan ragam efek yang positif, seperti mendapatkan nasabah potensial dari basis pengguna LINE, penyesuaian portofolio dan meningkatkan dana simpanan dengan bunga rendah melalui penguatan retail banking, serta memperkuat kemampuan digital marketing melalui kekuatan merek, teknologi, konten, dan keterampilan LINE.



"Kami percaya bahwa teknologi digital canggih LINE dan pengalaman perbankan ritel milik KEB Hana Bank akan menjadi masa depan industri perbankan, dan menunjukkan model financial baru yang dimulai di Indonesia," ucap Direktur Utama PT Bank KEB Hana Lee Hwa-Soo.

LINE Financial Asia akan secara resmi melakukan finalisasi perjanjian dengan PT Bank KEB Hana setelah menerima persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Peluncuran layanan perbankan digitalnya baru tersebut diperkirakan akan dilakukan di 2019.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading