Layanan Lengkap, Cerita Warga NTB Yang Dilayani Gerai Senyum

Entrepreneur - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
14 September 2022 12:54
BRI Foto: Dok BRI

Jakarta, CNBC Indonesia - Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum) mempermudah kebutuhan layanan keuangan Eti Herawati, warga Desa Soriutu, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dia menyebut Gerai Senyum merupakan solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan layanan keuangan dengan biaya murah dan proses yang cepat.

Layanan Senyum ini begitu bermakna bagi Eti Herawati, warga Desa Soriutu, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pasalnya, dirinya menyebut Gerai Senyum merupakan solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan layanan keuangan dengan biaya murah dan proses yang cepat.

Eti menceritakan bahwa integrasi layanan ini membuatnya lebih mudah mengembangkan usaha. Dia juga optimistis layanan Senyum dapat membantu usahanya untuk 'Naik Kelas'.


"Lebih mudah kami memperoleh atau mendapatkan layanan. Lebih lengkap produk yang dibutuhkan masyarakat dan bisa membantu kebutuhan ekonomi. Layanan menjadi maksimal dan memenuhi segala kebutuhan masyarakat dalam satu tempat. Di sana kita diarahkan sesuai kebutuhannya masing-masing," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (14/9/2022).

Seperti diketahui layanan Senyum merupakan inisiatif dari Holding Ultra Mikro (UMi) yang terdiri PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Adapun Senyum menyatukan tiga layanan dalam satu tempat.

Eti pun mengakui, dengan mengakses Gerai Senyum nasabah lebih mudah mendapatkan informasi terkait layanan jasa keuangan yang tepat. Sebab, petugas ketiga entitas di Gerai Senyum memberikan edukasi dengan ramah.

Selain sebagai nasabah, Eti mengaku sebagai Agen BRILink dan Agen Pegadaian dengan memanfaatkan toko sembako milikinya. Sebagai nasabah kedua entitas, dia dipercaya menjadi laku pandai dapat membantu kondisi perekonomiannya.

Dia menyebut saat ini bisa melayani 60-100 nasabah per hari. Adapun untuk keuntungannya, Eti mengaku bisa mengantongi keuntungan berkisar Rp600.000-Rp700.000 per hari.

Sedangkan pada waktu tertentu, keuntungan yang diperolehnya bisa melejit hingga Rp1 juta-Rp2 juta per hari dengan menjadi agen laku pandai.

"Kehadirannya sebagai branchless banking sangat dirasakan keuntungannya bagi warga sekitar untuk bisa bertransaksi kapan saja dan di mana saja. Terlebih, mayoritas warga di daerahnya berprofesi sebagai petani," ungkap dia.

"Menjadi agen itu yang jelas sangat mantap, lah. Alhamdulillah bisa membantu ekonomi," ujarnya.

Sebagai informasi, melalui Holding UMi, ketiga entitas perusahaan yang tergabung memiliki lebih dari 16.900 unit gerai layanan fisik di seluruh Indonesia. Sementara untuk Gerai Senyum sudah mencapai 1.002 titik dan terus akan ditambah serta dikembangkan.

Terkait integrasi layanan, Holding UMi diperkuat oleh lebih dari 70.000 tenaga pemasar yang dilengkapi dengan platform Senyum Mobile. Jumlah tersebut pun akan bertambah untuk memperluas layanan ke seluruh penjuru Indonesia.

Mengacu data BRI Group sebagai induk Holding UMi per Juni 2022, ada sekitar 45 juta potensi nasabah ultra mikro yang dapat diberdayakan. Sekitar 15 juta di antaranya sudah dapat mengakses lembaga pembiayaan formal.

Namun masih ada sekitar 12 juta pelaku usaha UMi yang mengakses pembiayaan informal yang di dalamnya termasuk rentenir. Sedangkan sekitar 18 juta pelaku usaha UMi lainnya belum tersentuh lembaga pembiayaan formal maupun informal.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Klaster Usaha Binaan BRI Ini Diapresiasi Sandiaga Uno


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading