Cuan! Ini 19 Usaha Rumahan yang Tak Ada Matinya, Berani Coba?

Entrepreneur - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
07 January 2022 16:05
Ira Dijaya (41)melayani pembeli gorengan di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat (7/1/2022). Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), secara nasional harga minyak goreng curah pada 29 Desember lalu hanya Rp.18.400/Kg. Pada 6 Januari 2022 atau kemarin, menyentuh Rp. 18.550/Kg, atau naik 0,81%. Kemudian minyak goreng kemasan bermerk 1 pada 30 Desember 2021 harganya Rp. 20.600/Kg. Sementara kemarin menjadi Rp. 20.800/Kg, naik 0,97%. Begitu juga minyak goreng kemasan bermerk 2. Di mana pada 30 Desember masih Rp. 20.030/Kg, kemarin menjadi Rp. 20.300/Kg atau meningkat 1,34%. Harga minyak goreng di pasar tradisional masih tinggi. Pedagang menginginkan harga segera normal kembali. Menurut Ira penjual gorengan Foto: Ilustrasi Gorengan (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Siapa bilang cari cuan gak bisa dilakukan dari rumah? Banyak usaha rumahan yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan bahkan hingga menjadi passive income!

Ada benyak keuntungan membangun bisnis rumahan. Dengan membangun usaha rumahan, Anda bisa memiliki waktu yang lebih fleksibel. Tidak sedikit orang-orang yang menjadi pelaku bisnis rumahan bisa sukses meraup keuntungan yang besar.

Contoh Usaha Rumahan yang Bisa Bikin Untung

Lalu, apa saja contoh usaha rumahan yang bisa kasih keuntungan cepat? Apapun usahanya, perlu diingat bahwa segala usaha akan sukses bila kita sungguh-sungguh menjalankannya dengan rasa sabar serta ingin terus mencoba hal baru. Simak ulasan contoh usaha rumahan di bawah ini yuk! Siapa tau bisa jadi ide bisnis!

1. Jual Aneka Cemilan

Apalagi dengan masyarakat Indonesia yang senang sekali dengan makanan cemilan dan ini bisa jadi ide bisnis rumahan. Anda bisa membuat cemilan manis maupun asin. Contoh produknya adalah donat, bolu, risoles, brownies, hingga makanan pedas seperti basreng kiloan, keripik dan lain sebagainya. Anda bisa sekreatif mungkin memilih cemilan yang akan laku di pasaran.

2. Membuka Warung Sembako

Bisnis warung sembako tidak akan ada matinya karena masyarakat akan selalu membutuhkan kebutuhan primer seperti beras, minyak, telur, bumbu dapur hingga sabun dan lain-lainnya. Jika Anda mampu mengelola bisnis warung sembako dengan benar dan baik, tentu usaha ini bisa sangat menjanjikan.

3. Buka Jasa Laundry Kiloan

Membuka jasa laundry kiloan cocok dicoba untuk Anda yang memiliki tempat tinggal di sekitar perumahan yang masyarakatnya aktif bekerja atau di kawasan kos-kosan mahasiswa. Lingkungan seperti ini cocok untuk usaha laundry karena karakter penduduk yang menyukai hal-hal praktis di tengah kesibukannya. Mereka bisa memilih untuk membeli jasa orang lain agar membantu dan membuat waktu mereka lebih efektif. Jadi, usaha ini bisa menjadi usaha rumahan yang menjanjikan.

4. Bikin Jasa Tempat Cuci Motor

Usaha rumahan tempat cuci motor atau steam motor bisa sangat menjanjikan, loh! Coba Anda perhatikan dengan seksama, apakah ada tempat cuci motor yang terlihat sepi? Apalagi jika sedang berada di musim penghujan.

Anda bisa mencoba untuk memulai usaha rumahan jasa cuci motor ini dengan modal yang tidak terlalu besar. Namun, tetap pelajari hal-hal penting yang harus diperhatikan dari motor yang akan dicuci agar customer betah menggunakan jasa Anda.

5. Budidaya Ikan Hias

Ketahuilah bahwa ada beberapa harga ikan hias yang sangat tinggi dan tidak masuk akal bahkan bisa mencapai ratusan juta! Para penghobi ikan hias akan rela membayar mahal demi mendapatkan ikan incaran mereka.

Usaha ikan hias ini bisa dijadikan sebagai ladang uang yang bisa Anda coba. Pelajari sistem pasar ikan hias, cara mengembangbiakkan ikan dan mengikuti forum atau komunitas ikan hias agar usaha bertahan lama.

6. Bikin Coffee Shop

Bisnis warung kopi kekinian memang sedang banyak berkembang saat ini. Banyak kelompok muda yang mencoba untuk bergelut di bidang usaha satu ini. Apalagi dengan tren WFH atau Work From Home yang hadir sejak adanya pandemi Covid-19. Banyak sekali orang-orang yang membutuhkan tempat untuk sekedar mengerjakan tugas atau pekerjaan mereka dengan suasana yang nyaman. Jika Anda membuka usaha rumahan ini, tentu Anda harus menargetkan pasar yang sesuai.

Jika Anda ingin membuka coffee shop untuk para kelompok produktif, tentu Anda harus menciptakan suasana yang nyaman dan tenang. Namun, jika tujuannya adalah untuk bersantai dan bergembira, Anda bisa membuat suasana yang hangat dan bisa digunakan untuk banyak orang.

7. Buka Pertamini

Jangan salah! Ternyata bisnis pertamini ini bisa memberi keuntungan besar, loh! Apalagi juga rumah Anda berada di pinggir jalan atau kawasan yang jauh dari pom bensin. Tentu saja pertamini memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada bensin-bensin eceran.

8. Menerima Jasa Kursus Masak

Jika Anda memiliki bakat dalam hal masak memasak dan meracik bumbu masakan, jangan sampai Anda menyia-nyiakan bakat tersebut. Tak harus usaha katering, Anda bisa loh membuka kursus untuk orang yang ingin belajar memasak.

Selain itu, Anda juga bisa melebarkan sayap ke internet. Seperti mengupload video tentang resep dan cara masak yang benar.

9. Bisnis Catering

Masih untuk Anda yang hobi sekali memasak. Selain membuka usaha kuliner, ada lagi usaha rumahan yang tidak kalah menjanjikan, yaitu usaha catering. Usaha ini bisa Anda lakukan di rumah saja dengan memberi ruangan khusus untuk memasak.

Jika Anda yakin bahwa hasil masakan Anda memiliki cita rasa yang mewah, silahkan coba untuk buka usaha catering ini. Banyak jenis catering yang bisa Anda geluti mulai dari catering snack box, catering nikahan, catering kantoran, catering sehat atau diet dan masih banyak lagi.

10. Bisnis Jasa Foto dan Video

Jika Anda memiliki bakat di bidang ini, tentu Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Anda bisa melakukan usaha foto dan video secara profesional. Seperti membuka studio foto untuk foto wisuda, foto keluarga atau studio self photo yang sedang tren saat ini.

11. Penyewaan Alat Foto atau Videografi

Jangan remehkan usaha sewa menyewa barang. Ternyata, usaha ini bisa dijadikan usaha rumahan yang menghasilkan banyak cuan! Jika Anda malas untuk membuka jasa foto atau video, Anda bisa membuka usaha rental alat elektronik yang berhubungan dengan videografi.

Apalagi jika Anda sudah memiliki modal alat yang lengkap. Anda bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi per harinya dari hasil menyewakan barang-barang tersebut.

12. Buka Jasa Desain Grafis

Lagi-lagi, jangan pernah membuang bakat atau potensi yang Anda miliki. Seperti bakat desain yang ternyata bisa Anda kembangkan sendiri dan mendapatkan keuntungan besar. Apalagi dengan dukungan perkembangan teknologi saat ini.

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk kebutuhan kantor seperti desain web, desain blog, desain iklan di banner, branding logo dan masih banyak lagi.

13. Bisnis Tailor

Bisnis tailor atau usaha jahit menjahit bisa menjadi usaha rumahan yang sangat menguntungkan! Apalagi ditambah Anda juga memiliki bakat desainer. Tentunya usaha ini akan menjanjikan keuntungan yang besar.

Baju adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh orang yang hidup sehingga bisnis tailor ini tentu tidak akan ada matinya. Dari bisnis tailor, Anda bisa membuka konveksi juga.

14. Bisnis Top Up dan Jual Akun Game

Walaupun terdengar seperti main-main saja, ternyata usaha top up dan jual akun game ini bisa memberikan keuntungan berkali-kali lipat. Jika Anda pecinta game, coba usaha ini untuk menghasilkan uang hanya dengan menjadikannya usaha rumahan.

Anda bisa membuka usaha top up voucher game online untuk membeli karakter di game tersebut atau menjual akun game yang sudah lengkap dengan karakter level tinggi dan item-item game yang canggih.

15. Jual Jasa Penerjemah

Selain keren, mempunyai kemampuan bahasa bisa memberikan Anda privilege untuk bekerja di rumah saja. Misalnya dengan membuka usaha rumahan untuk jasa penerjemah. Bisnis ini tentu sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan masyarakat umum seperti mahasiswa atau perusahaan penerbit.

16. Jasa Konsultan SEO

Pekerjaan SEO ini cukup penting untuk mengembangkan situs atau website perusahaan. Jasa SEO sangat dibutuhkan untuk para pelaku usaha yang membutuhkan trafik dari mesin pencarian seperti Google.

Kenapa disebut usaha rumahan? Karena Anda bisa melakukannya di rumah saja atau dengan cara freelancer. Jika Anda memiliki bakat di bidang SEO, jangan sampai Anda melewatkan peluang bisnis satu ini!

17. Bisnis Jual Beli Pakaian Online

Usaha jual pakaian seperti baju, celana, kerudung dan lainnya memang selalu diminati di kalangan masyarakat. Namun, untuk menghemat biaya modal, Anda bisa melakukannya secara online. Anda bisa menciptakan model baju sesuai dengan target pasar yang ditentukan. 

18. Guru Private atau Guru Les

Jika Anda bisa mentransfer ilmu dengan mudah ke orang lain, tidak ada salahnya untuk membuka usaha les atau private. Selain untuk menciptakan ilmu yang bermanfaat, ini akan memberikan Anda peluang untuk meraup keuntungan dengan bermodalkan ilmu yang Anda kuasai.

19. Buka Franchise Depan Rumah

Terakhir, ada usaha di bidang waralaba atau franchise yang bisa Anda geluti untuk memulai berwirausaha tanpa modal yang besar. Anda bisa membuka usaha franchise minuman, makanan, cemilan dan masih banyak lagi.

Itu dia usaha rumahan yang bisa menjadi ide bisnis bagi Anda yang baru mulai berwirausaha. Tentunya semua usaha memerlukan tekad yang kuat, mau berkembang dan belajar untuk melakukan promosi yang tepat untuk bisa mengembangkan usaha yang sedang dijalani. Jadi, sudah tahu ingin membuka bisnis rumahan apa?


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading