20 Ide Usaha di Bulan Puasa Ramadan 2022, Bisa Untung Besar!

Entrepreneur - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
04 April 2022 14:55
Pedagang kurma menata barang dagangannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Menjelang bulan Ramadan, permintaan buah kurma meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Harga kurma yang dijual bervariasi tergantung jenis dari Rp 30.000 hingga Rp. 300.000. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada bulan Ramadan, pola konsumsi masyarakat mengalami peningkatan. Di bulan yang suci ini, khususnya di Indonesia, tidak hanya identik dengan berpuasa, tetapi juga banyak masyarakat yang memulai untuk membuka usaha dadakan.

Bagi Anda yang juga ingin memanfaatkan bulan Ramadan untuk mendapat cuan, simak sejumlah inspirasi usaha berikut!


Ide Usaha di Bulan Puasa Ramadan 2022

Jika Anda masih bingung ingin membuka jenis usaha apa di bulan Ramadan, simak berikut ini beberapa rekomendasi ide usaha di bulan puasa Ramadan 2022:

1. Katering Makanan

Saat bulan puasa, ada sebagian orang yang tidak sempat untuk mempersiapkan menu untuk berbuka maupun sahur. Dengan mengambil peluang ini, Anda bisa mencoba untuk membuka katering makanan sebagai usaha di bulan Ramadan 2022.

Anda bisa menawarkannya kepada anak kost atau ibu pekerja karena seringkali mereka tidak memiliki waktu banyak karena kesibukannya. Sebelumnya, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan harga yang sesuai. Buat pilihan paket katering, seperti katering mingguan atau bulanan yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi pelanggan.

2. Jualan Takjil dan Minuman Segar

Waktu berbuka puasa tentunya menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan. Setelah seharian menahan rasa lapar dan haus, setiap orang yang berpuasa akan membutuhkan makanan atau minuman untuk buka puasa. Anda dapat mengambil kesempatan ini untuk dijadikan peluang bisnis. Takjil dan minuman segar biasanya adalah hidangan yang sering orang beli untuk berbuka puasa.

Anda bisa memulai menjual takjil dan minuman segar di halaman rumah, di pinggir jalan, atau Anda juga bisa bawa ke tempat kerja Anda untuk ditawarkan ke teman kerja Anda. Dengan menjual takjil, Anda tidak hanya menambah penghasilan, tetapi juga akan membantu orang untuk berbuka di tengah kesibukannya.

Apalagi untuk memulai usaha takjil dan minuman segar ini tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan uang Rp 300.000 hingga Rp 1 juta saja, Anda sudah bisa memulai bisnis yang menjanjikan ini.

3. Menjajakan Buah-Buahan

Saat berpuasa, buah-buahan pencuci mulut banyak dicari agar menjaga tubuh tetap fit saat menjalani puasa. Selain itu, buah-buahan juga biasanya diperlukan oleh orang yang membuat takjil sendiri, seperti kolang-kaling, timun suri, dan es blewah.

Bisnis ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda. Bahkan, untuk modal yang diperlukan dalam bisnis ini bervariasi tergantung dari berapa jumlah yang ingin Anda jual.

Bagi Anda yang ingin menjalani bisnis ini, lebih baik jika Anda langsung membelinya dari orang-orang yang memiliki lahan buah, pasti harga akan menjadi lebih murah.

4. Perlengkapan Ibadah

Banyak orang berbondong-bondong menjalankan ibadah untuk menambah pahala. Nah, untuk menjalankan ibadah tentunya membutuhkan perlengkapan ibadah.

Peralatan-peralatan ibadah yang dapat Anda jual misalnya tasbih, Al Quran, sajadah, mukena, kopiah, dan lain sebagainya. Peralatan-peralatan tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis selama bulan puasa Ramadan 2022.

5. Menjual Baju Muslim

Penjual baju muslim di Thamrin City. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)Foto: Penjual baju muslim di Thamrin City. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Penjual baju muslim di Thamrin City. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Tidak dapat dipungkiri, salah satu usaha yang menguntungkan selama bulan Ramadan yang bisa Anda coba salah satunya yaitu menjual pakaian muslim. Hal ini dikarenakan bulan Ramadan baik pria dan wanita menggunakan baju muslim dan tertutup dalam kesehariannya.

Sama seperti usaha katering, jika usaha pakaian muslim ini berkembang dengan baik, maka bisa jadi Anda menjadikannya sebagai bisnis tetap Anda.

Untuk memulai usahanya, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan hanya dengan modal kecil bahkan tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller.

6. Kue Kering

Selanjutnya ada kue kering seperti nastar atau putri salju sebagai salah satu usaha di bulan Ramadan 2022. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang punya passion dalam dunia baking. Jika Anda belum terbiasa membuatnya, Anda bisa coba untuk latihan terlebih dahulu sebelum hari lebaran tiba. Setelah itu, Anda bisa menawarkan kue kering buatan Anda ke rekan kerja, tetangga, hingga keluarga.

Bila perlu, gunakan sistem penjualan reseller dengan mengajak kerabat atau teman-teman Anda untuk ikut menjual produk Anda. Untuk menjadi seorang pembuat kue kering, modal yang dikeluarkan juga tidak besar.

7. Parsel

Selain membuat kue kering, Anda juga bisa membuat jasa pembuatan parsel yang tentunya akan sangat menguntungkan saat menjelang lebaran. Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian yang berbeda, seperti kue kering bikinan Anda, aneka macam makanan ringan, dan biskuit yang ada di pasaran, hingga sembako (sembilan bahan pokok).

8. Ketupat

Ketupat seringkali dijadikan simbol Hari Raya Idul Fitri. Tidak ada ketupat, rasanya seperti ada yang kurang. Tetapi sebelum lebaran, menu ketupat kerap disajikan saat tradisi qunutan.

Di pertengahan bulan puasa Ramadan, biasanya ketupat dimakan bersama opor ayam atau sayur labu siam. Sehingga biasanya banyak orang yang membutuhkan kulit ketupat untuk membuat menu ini.

Jika Anda bisa membuat ketupat, Anda bisa menjajal bisnis ini. Modalnya juga cukup kecil, hanya dengan Rp 1.000 rupiah saja untuk satu ketupat. tetapi Anda bisa menjualnya dengan harga 2 kali lipat sesuai harga di pasaran.

9. Kurma

Makan kurma saat berbuka puasa termasuk salah satu sunnah rasul. Kurma juga baik untuk kesehatan tubuh karena dapat mengembalikan tenaga yang hilang setelah seharian menahan lapar dan haus selama berpuasa. Jadi tidak heran jika segala jenis kurma dijual di pasar sampai supermarket.

Anda dapat memanfaatkan momen ini dengan menjual kurma di depan rumah, keliling komplek, ikut bazar Ramadan, maupun lewat sosial media. Anda juga bisa membuka toko online di marketplace.

Untuk produk kurma yang dijual, Anda bisa mengambil dari supplier atau distributor besar, dan jadi reseller dengan mengambil keuntungan dari harga jual yang ditetapkan supplier.

10. Es Buah

Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, banyak orang yang menginginkan minuman yang menyegarkan, salah satunya es buah yang pastinya selalu laris manis di pasaran.

Banyak aneka minuman yang dapat menjadi pilihan dari menu jualan Anda, seperti es blewah, timun suri, hingga es teler. Selain itu, Anda juga bisa mengadakan sebuah promosi dimana pembeli yang membawa wadah sendiri akan mendapatkan diskon.

Selain untuk menarik konsumen, cara ini juga bisa membantu untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan tentunya akan berdampak baik bagi lingkungan.

Dari Rental Mobil sampai Jasa Penukaran Uang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading