Makin Cuan, Ini Tips Mulai Bisnis Gorengan dengan Modal Minim

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 January 2022 18:00
pedagang gorengan (CNBC Indonesia/Shalini)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bisnis makanan memang tidak ada matinya. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis makanan, Anda mungkin tertarik untuk mencoba berjualan gorengan. 

Kudapan ini sangat digemari dan dikonsumsi banyak orang Indonesia karena cocok menjadi camilan saat bersantai. Gorengan juga disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak. 

Banyak orang beranggapan bahwa bisnis makanan ringan yang satu ini tidak membutuhkan modal besar. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Lantas apa sajakah yang dibutuhkan untuk memulai bisnis gorengan dengan modal minim? Berikut paparannya:


1. Bahan berkualitas

Meski tidak termasuk kategori makanan sehat, penggunaan bahan berkualitas tetap penting dalam bisnis gorengan. Sebab bahan yang berkualitas akan memengaruhi rasa makanan. Jangan lupa, tempat jualan juga harus bersih supaya pembeli tidak lari.

2. Inovasi

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis gorengan juga butuh inovasi berkesinambungan. Jangan malas mencari informasi tentang bisnis kompetitor sejenis supaya Anda bisa memperoleh ide kreatif untuk berinovasi.

Anda bisa mewujudkan inovasi dari segi keanekaragaman bahan baku, teknologi yang digunakan, atau strategi penjualan. Produk kuliner baru yang Anda perkenalkan pasti akan menggugah rasa penasaran para pelanggan yang ingin segera mencobanya.

3. Modal

Bisnis gorengan berskala kecil memang tidak butuh banyak modal. Namun, Anda tentu harus menyiapkan modal yang memadai jika ingin mengembangkan bisnis secara serius. Modal usaha nantinya harus dialokasikan untuk menyiapkan alat dan bahan, menyewa tempat, membayar gaji karyawan, dan berbagai kebutuhan penting lainnya.

4. Lokasi

Lokasi berjualan yang strategis sangat menentukan bisnis. Pastikan bahwa Anda memilih lokasi bisnis di tempat yang lalu-lintasnya ramai, aman, dan seakan tak pernah sepi. Suasana lokasi bisnis yang ramai akan memperbesar peluang peningkatan omzet bisnis Anda.

5. Target

Saat baru memulai bisnis, omzet harian Anda tentu biasanya masih terbilang kecil. Namun, nilai omzet harus ditingkatkan seiring dengan berjalannya waktu. Karena pada dasarnya bisnis makanan ringan berupa gorengan bisa menjangkau pangsa pasar dari seluruh kalangan usia. Jadi, Anda juga bisa menerapkan target penjualan lain dalam bentuk omzet harian.

6. Jalin relasi

Bisnis makanan bisa bertahan menghadapi persaingan pasar yang ketat jika mampu menjalin relasi yang baik dengan para pelanggan. Oleh sebab itu, Anda mesti memperhatikan saran, kritik, dan ekspektasi yang disampaikan pelanggan maupun calon pelanggan.

Jika Anda berhasil mendapatkan banyak pelanggan loyal, kemungkinan besar bisnis Anda akan berkembang pesat karena proses promosinya dibantu oleh para pelanggan tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading