Diarahkan Jokowi, Pemuda Asal Riau Ikuti Kampus UMKM Shopee

Entrepreneur - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
14 October 2021 09:17
Asror Wujudkan Mimpi Kembangkan Potensi Daerahnya Hingga Pasar Ekspor

Jakarta, CNBC Indonesia - Merintis usaha baru dan mengembangkan bisnis bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kegigihan dan kreativitas dalam perjalanannya. Demi menggapai mimpinya untuk menembus pasar ekspor, Muhammad Kasyful Asror pun tidak kenal lelah belajar dan berinovasi.

Pemuda asal Desa Muntai, Riau, ini bermimpi bisa mengembangkan potensi daerahnya hingga menembus pasar global. Dia pun mengaku beruntung ketika memiliki kesempatan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo, karena dia bisa menyampaikan mimpinya tersebut.

Asror mengatakan ingin mengembangkan potensi laut dan karet yang merupakan kekuatan daerahnya. Setelah mendengar keinginannya, Jokowi pun mendukung mimpi Asror, dan memintanya untuk belajar mengembangkan produknya.


Dia juga belajar mengenai potensi pasar dan bagaimana memasarkannya hingga bisa menembus pasar ekspor. Hal ini pun membawa Asror belajar ke Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo.

Asror mengatakan ketika ingin bergabung di Kampus UMKM Shopee Ekspor, pihak Shopee pun menyambutnya dengan tangan terbuka. Di sinilah awal mula perjalanan Asror sebagai pelaku UMKM baru yang ingin menembus pasar ekspor.

Dia mengatakan mendapatkan pelatihan selama 5 hari dan belajar berbagai ilmu termasuk potensi berjualan online, pengetahuan ekspor secara umum, copywriting dan juga warehousing. Di sana dia juga bertemu dengan Ajisai Craft Shop, salah satu UMKM binaan Shopee di Solo yang berhasil ekspor.

"Saya tidak menyangka akan langsung bisa belajar seperti ini. Dengan materi untuk berbisnis pemberian dari Shopee, saya berharap ini semua dapat menjadi bekal untuk membangun bisnis di dunia digital, sekaligus turut mengembangkan potensi daerah saya," kata Asror, (12/10/2021).

Dalam sesi pelatihan, Asror berkata dia mendapatkan banyak insight dan pengetahuan praktis, yang menjadi bahan baginya untuk merancang dan memulai bisnis. Selain modal ilmu, Asror juga mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnisnya senilai Rp 50 juta.

"Saya juga diajak ketemu dengan UMKM lokal yang sudah sukses berbisnis digital di Shopee. Ini juga jadi sumber inspirasi. Semuanya disiapkan dengan baik dengan jadwal yang tersusun rapi. Saya merasakan pemberi materi di Kampus Shopee juga sangat membantu, terutama bagi saya yang baru akan memulai," pungkasnya.

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Shopee Handhika Jahja mengatakan perusahaan secara konsisten akan melakukan pendampingan untuk Asror. Pasalnya, pendampingan menjadi bagian penting bagi pelaku usaha dalam perjalanannya.

"Pendampingan akan menjadi bagian yang tak kalah penting buat Asror setelah pelatihan ini. Sedangkan untuk bantuan modal usaha, kami juga ingin memastikan Asror bisa memulai usaha untuk mengembangkan potensi di daerahnya serta mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dengan baik," kata Handhika.


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading