Buka Kantor di Solo, Shopee Ciptakan 2.000 Pekerjaan Baru

Entrepreneur - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
11 October 2021 13:06
Tangkapan Layar Pembukaan Kantor Shopee Solo

Jakarta, CNBC Indonesia - Shopee Indonesia membuka kantor baru di Kota Surakarta, Jawa Tengah, yang berlokasi di Paragon Mall Solo. Pembukaan kantor ini diharapkan bisa membantu mendukung ekosistem UMKM dan banyak bisnis di Solo, dan menyerap 2.000 orang pekerja baru.

"Pada 2022 kami menargetkan bisa menciptakan 2.000 lapangan kerja baru di Solo. Kantor ini diharapkan juga bisa membantu ekosistem pendukung UMKM dan banyak bisnis di Solo, dan saya percaya pertumbuhan ekonomi Indonesia dimulai dari daerah," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja saat peresmian, Senin (11/10/2021).

Dia menambahkan dua hal yang bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yakni UMKM dan penciptaan lapangan kerja. Dengan begitu kehadiran kantor Shopee di Solo diharapkan bisa membantu dari kedua hal tersebut.


Sebelumnya pada Mei 2021, Shopee meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo yang dihadirkan karena besarnya potensi UMKM dan penjual dengan kualitas yang baik.

"Sehingga kami berharap bisa bersaing di pasar global juga, dalam 5 bulan itu kami melihat antusiasme yang baik dari pelaku usaha dan penjual. Sekarang sudah ada 6.500 UMKM di Kota Solo yang berhasil menjual ke pasar ekspor," kata dia.

Jumlah UMKM yang telah melakukan ekspor pun hampir mendekati target yang ditetapkan Shopee, yakni ada 10.000 UMKM  tahun ini.

"Dengan antusiasme yang ada maka kami memberikan dukungan lebih, lewat kantor Shopee Solo yang kami resmikan hari ini," pungkas Handika.

Kantor Shopee Solo akan menempati dua lantai, dan akan menyerap 2.000 karyawan baru. Handika memastikan para karyawan bisa bekerja dengan aman, nyaman, dan produktif. Dengan begitu UMKM Kota Solo pun bisa naik kelas dari sisi produk dan kualitas SDM.

"Seperti yang disampaikan Mas Gibran, tidak perlu beranjak dari Kota Kelahiran kita untuk bekerja di perusahaan. Tidak perlu ke kota besar lain, tapi kita bisa tetap di Solo membesarkan tanah kelahiran, dan Shopee bangga bisa membawa Solo menjadi bagian dari ekosistem digital dunia," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mengapresiasi langkah Shopee dalam membuka lapangan kerja baru dan mendampingi UMKM di Solo.

"Kita lihat sendiri Shopee ini dari pegawainya dido mini asi anak muda dan tidak hanya berhenti di sini, dengan adanya kantor Shopee dan yang ada di Solo Techno Park menunjukkan komitmennya," kata Gibran.

Sebelumnya, perusahaan telah memiliki 3 Kampus UMKM Shopee Ekspor yang berlokasi di Bandung, Solo dan Semarang. Daerah ini dipilih karena segudang potensi yang dimiliki oleh UMKM-nya.


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading