Via Shopee, 1,5 Juta Produk RI Sudah Diekspor ke 6 Negara

Entrepreneur - yun, CNBC Indonesia
29 September 2021 15:04
“Virtual Tour Kampus UMKM Shopee Ekspor” di Jakarta, Rabu (29/9/2021). Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Head of Public Affairs Shopee, Radynal Nataprawira mencatat hingga saat ini ada sekitar 1,5 juta produk yang masuk dalam program ekspor Shopee.

"Ada 1,5 juta produk di Februari 2021. Artinya, 50 ribu lokal produk terjual ke luar negeri," ujarnya pada acara "Virtual Tour Kampus UMKM Shopee Ekspor" di Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Program ekspor ini, lanjutnya meliputi 6 negara antara lain Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Bahkan, telah merambah ke Amerika Selatan yaitu Brazil dan Meksiko.


"Jumlah transaksi 6 kali lipat dalam kurun waktu setengah tahun mulai Juni 2020 sampai Januari 2021," tegasnya.

Saat ini, Shopee telah membuka 3 Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, Bandung dan Semarang. Jawa Barat tepatnya Bandung dipilih sebagai salah satu lokasi Kampus UMKM Shopee Ekspor karena potensi di tanah Pasundan tersebut yang dinilai memiliki UMKM unggul.

"Potensi peta UMKM di Jawa Barat, bagaimana resources, kualitas. Target 100 ribu UMKM Jabar bisa ekspor pada 2022. Kita percaya Jabar punya potensi dan keunikan dari UMKM. Yaitu gigih, kreatif, willing majunya besar," tuturnya.

Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung merupakan gedung 3 lantai yang kental akan nuansa warna oranye khas Shopee. Berlokasi di Jalan BKR nomor 27 Bandung, jam operasional hari kerja mulai 9-17 WIB, sementara pada Sabtu mulai 9-15 WIB.

Bagi UMKM yang berminat belajar langsung terkait seluk beluk penjualan online, bisa datang langsung ke Kampus UMKM Shopee Ekspor tersebut. Tanpa dipungut biaya alias gratis, akan banyak hal yang bisa dipelajari di kampus ini.

Salah satu pelaku UMKM yang telah memasarkan produknya ke luar negeri adalah Krisyadi Sutiawan, pemilik dari Lian Store Indonesia. Produk yang dijual adalah apparel khusus untuk pria yang telah dijual hingga Singapura dan negara tetangga lainnya. Dirinya memiliki tips bagaimana mendongkrak penjualan.

"Kasih garansi, bisa retur/tukar. Saya sering komunikasi dengan RM Shopee. Itu bagus untuk naikkan sales," ujarnya.


(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading