Yuk Jalan-Jalan ke Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung

Entrepreneur - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
29 September 2021 14:56
“Virtual Tour Kampus UMKM Shopee Ekspor” di Jakarta, Rabu (29/9/2021). Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki gedung tiga lantai yang berlokasi di Jalan BKR nomor 27 Bandung, Jawa Barat, pengunjung yang merupakan pelaku UMKM disambut dengan warna oranye khas Shopee.

Setelahnya, pengunjung akan disambut oleh resepsionis yang akan menjelaskan prosedur serta apa saja yang dibutuhkan oleh pemilik UMKM. Namun, sebelum masuk dan bisa belajar di Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung, jangan lupa menunjukkan kartu vaksinasi yang dimiliki.

Bergeser sedikit, pengunjung akan disambut oleh display dari produk UMKM yang siap terbang ke mancanegara. Misalnya, produk fashion yang menampilkan pakaian hingga tas, dengan kualitas yang jempolan. Pada display tersebut, akan ada QR yang ketika di-scan, pengunjung akan langsung dibawa ke website Shopee, ke toko online produk tersebut.


Beralih ke sudut yang lain, akan ada beberapa area misalnya pusat edukasi, quality control hingga inbound yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Di kampus ini juga ada 9 materi training yang bisa dipelajari mulai dari materi standar hingga yang levelnya lebih mahir. Semua materi tersebut tentu saja untuk membuat pelaku UMKM bisa menjalankan bisnisnya secara online.

Tak hanya menyediakan materi, Kampus UMKM Shopee Ekspor ini juga menyediakan studio khusus. Tak tanggung-tanggung, ada dua studio yang disediakan lengkap dengan peralatannya. Mulai dari backdrop, meja, lighting hingga kamera.

Studio ini bisa digunakan untuk foto produk hingga live streaming. Meski begitu, sebelum memanfaatkan peralatan yang ada, pelaku UMKM bisa tetap menggunakan ponsel pribadi untuk membuat video atau memotret produk. Jangan khawatir karena akan ada tim yang akan memberikan panduan bagaimana membuat video hingga foto yang sesuai.

Selajutnya, terdapat juga layanan pelanggan alias Customer Service di lantai dua yang akan membantu pelaku UMKM. CS offline ini siap membantu pelaku UMKM apabila memiliki kendala.

Head of Public Affairs Shopee, Radynal Nataprawira menegaskan, ada beberapa modul serta beberapa tahapan yang bisa dipelajari di kampus ini. Semua itu disesuaikan dengan pelaku UMKM, serta masuk ke tingkat mana keahlian yang dimiliki.

"Melihat kondisi apakah sudah siap ke fase mana. Menyesuaikan kualitas UMKM," ujarnya pada acara "Virtual Tour Kampus UMKM Shopee Ekspor" di Jakarta, Rabu (29/9/2021).

"Jika ingin bergabung langsung datang. Semua bisa walk in. Bisa ketemu CS, bisa mendapatkan informasi yang didapatkan. Jadi, semudah itu dan gratis," imbuhnya.

Saat ini, sudah ada 3 Kampus UMKM Shopee Ekspor yang berlokasi di Bandung, Solo dan Semarang. Jawa Barat tepatnya Bandung dipilih sebagai salah satu lokasi Kampus UMKM Shopee Ekspor karena potensi di tanah pasundan tersebut yang dinilai memiliki UMKM unggul.

"Potensi peta UMKM di Jawa Barat, bagaimana resources, kualitas. Target 100 ribu UMKM Jabar bisa ekspor pada 2022. Kita percaya Jabar punya potensi dan keunikan dari UMKM. Yaitu gigih, kreatif, willing majunya besar," pungkasnya.


(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading