Dear Pelaku UMKM RI, Ini Trik Menembus Pasar Internasional

Entrepreneur - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 August 2021 18:40
Ilustrasi UMKM. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menekankan upaya untuk mendukung produk UMKM agar bisa tembus pasar ekspor memerlukan dukungan konkret dari seluruh pemangku kepentingan.

Saat berbicara dalam sebuah seminar, Jerry mengajak masyarakat memahami pentingnya pengertian cinta dan bangga produk dalam negeri. Ini harus diwujudkan dengan membeli dan menggunakan produk dalam negeri.

"Kalau produk dalam negeri digunakan pasti produsen akan dapat untung. Dari situ akan ada insentif buat pengembangan produk dan kapasitas produksi. Pada gilirannya tentu akan makin bisa bersaing di pasar internasional," kata Jerry dalam keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).


Kementerian Perdagangan sendiri memiliki 13 program kerja untuk mendukung UMKM Go Ekspor. Mulai dari pendampingan desain produk dan standardisasi hingga pameran dan misi dagang.

Menurutnya, produk dalam negeri harus mendapatkan tempat di pasar domestik untuk semakin berkembang. Jerry menilai, pelaku UMKM harus menjadi pemenang di negeri sendiri.

Sebagai informasi, gairah UMKM untuk menembus pasar ekspor telah meningkat dalam beberapa tahun belakangan. Beragam produk sudah menembus pasar ekspor seperti kopi, teh, rempah, produk olahan daging dan ikan serta rajutan.

Kinerja perdagangan dalam negeri telah mencatatkan trend yang positif. Pada bulan Juni, volume ekspor non migas mencapai US$ 18,5 miliar atau tertinggi sejak Agustus 2011.


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading