Transaksi di EXPO(RT) BRILianpreneur 2021 Tembus Rp8,1 M

Entrepreneur - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
16 December 2021 18:18
Closing Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021.

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menutup pameran UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021 pada hari ini. Acara ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen BRI mendorong UMKM lokal agar bisa menembus pasar global. 

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto mengatakan, UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021 mendapatkan animo yang luar biasa dari masyarakat Indonesia. 

"Sejak dilakukan opening pada tanggal 9 sampaidengan15 Desember 2021 ini, website www.brilianpreneur.comtelah dikunjungi oleh 300.000 viewers," jelas dia dalam Closing Ceremony UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2021, Kamis (16/12/2021). 


Di samping itu, UMKM yang melakukan ekspo dalam pameran UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021 ini juga mencatat peningkatan penjualan di e-commerce dibanding dengan tahun sebelumnya. 

"Di mana tahun lalu selama periode BRILianpreneur mendapatkan Rp3,1 miliar. Kini sampai dengan 15 Desember dari 9 Desember, sudah dihasilkan Rp8,1 miliar transaksi," lanjut Amam

UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur e-commerce akan dilanjutkan hingga 31 Desember mendatang dengan target volume penjualan mencapai Rp10 miliar. 

Tidak hanya dari sisi transaksi, sambung Amam, UMKM Expo(RT) BRILianpreneur 2021 juga mendatangkan business matching yang jumlahnya juga meningkat luar biasa dibanding tahun sebelumnya. 

"Di mana dari 105 buyer yang kami ditarget, kami bisa mengundang sebanyak 110 buyer dari 31 negara sasaran. Dari USD65 juta deal, kami bisa mendapatkan deal sampai angkanya USD72,13 juta, selama masa tiga hari business matching," ungkap dia. 

Rangkaian UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021 berlangsung pada 9-16 Desember dengan tema 'Dari Indonesia untuk Dunia.' Total ada 500 UMKM yang berpartisipasi dan terpilih mengikuti acara tersebut setelah mengikuti serangkaian proses kurasi. 

Secara terpisah, Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, potensi ekonomi dari UMKM yang begitu besar telah memberikan peluang untuk menembus pasar internasional. Selain itu, sebagai industri yang menjadi salah satu penyokong penting ekonomi Indonesia, UMKM juga dinilai mampu menyerap tenaga kerja yang besar. 

"BRI sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan UMKM. Semoga event ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif pada kemajuan dan pengembangan kapasitas UMKM Indonesia. Pada akhirnya, hal ini akan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional," tutur Sunarso.


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading