Harta Bill Gates Rp 1.833 T Ternyata Diatur Orang ini

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 June 2021 11:18
Bill Gates. (AP Photo/Jose Luis Magana, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya di dunia, Bill Gates, ternyata memiliki pakar keuangan sendiri. Ia adalah Michael Larson yang menjadi kepercayaan Gates selama hampir tiga dekade.

Namanya mulai menjadi perbincangan terkait perceraian Bill Gates dan istrinya Melinda. Kala itu, harta keduanya banyak dibahas.

Seperti diketahui, Gates tercatat sebagai orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan bersih US$ 127 miliar (Rp 1.833 triliun), menurut Forbes Real Time Net Worth (24/6/2021).


Mengutip Business Standard, Michael selama mengemban tugas utama yakni menjaga agar melimpahnya harta Bill Gates aman dari sorotan publik.

Larson merancang semua dengan hati-hati untuk melindungi Bill Gates dan Melinda dari kritik, dan memberikan imbal hasil investasi yang stabil.

Belum lama ini, seorang juru bicara mengatakan bahwa organisasi Bill and Melinda Gates Investments yang dipimpin Michael berubah nama menjadi Cascade Asset Management Co, terkait perceraian itu. Di dalamnya ada badan yang mirip, Cascade Investments, di mana dana Bill Gates dikelola untuk berbagai investasi.

Michael sendiri sudah dipercaya Bill Gates sejak tahun 1990-an. Diperkirakan nilai investasi Cascade sudah mencapai US$ 170 miliar (Rp 2.454 triliun). Salah satu tugas Michael adalah memastikan citra Bill Gates sebagai pejuang kemanusiaan tetap terjaga.

Selama bertahun-tahun, Michael berhasil memberikan imbal hasil atau return investasi di atas rata-rata 1% di atas imbal hasil pasar saham.

Bagian dari pekerjaan Michael lainnya yakni membantu Bill Gates menegakkan citranya sebagai miliarder yang berdedikasi untuk mengatasi tantangan dunia, daripada membuat langkah berani yang dapat menarik perhatian.

"Harga yang harus dibayar oleh beberapa orang ini untuk menghindari berita yang sangat tinggi," kata Tayyab Mohamed, salah satu pendiri perusahaan perekrutan kantor keluarga, Agreus Group.

Michael, pria 61 tahun, pernah menjadi pemberitaan lantaran disebut menciptakan kultur ketakutan dan pelecehan pada karyawan. New York Times mewawancarai beberapa mantan karyawan Cascade dan memperoleh beragam informasi miring tentang dia.

Disinyalir, Michael menilai karyawan berdasarkan penampilan atraktif mereka dan dalam beberapa kesempatan menyebutkan komentar seksual yang tidak pantas. Dia juga mengucapkan kata rasis pada karyawan kulit hitam.

Mohamed mengatakan hal tersebut tidaklah mengejutkan, dan mengapa Michael masih dipekerjakan setelah tuduhan tersebut. Ini mengingat masa jabatannya selama beberapa dekade dengan Gates dan kesetiaannya.

"Seandainya Michael tidak memiliki dampak profesional yang dia miliki, itu akan menjadi sederhana ya, dia harus mengundurkan diri," kata Mohamed.

Investasi Harus Konservatif!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading