Tips Sukses Berbisnis a La Jokowi: Jual Kepercayaan

Entrepreneur - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
10 February 2019 15:01
Tips Sukses Berbisnis a La Jokowi: Jual Kepercayaan
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan khusus kepada anak-anak muda Indonesia agar tidak mudah menyerah apabila menghadapi suatu persoalan atau hambatan.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat membuka Festival Terampil 2019, seperti dikutip CNBC Indonesia dari siaran pers Sekretariat Kabinet, Minggu (10/2/2019). Menurutnya, masalah-masalah itu merupakan bagian dari pelajaran kehidupan.



"Karena di situlah sebetulnya kita bisa belajar banyak dari sebuah masalah. Kita bisa belajar banyak dari sebuah problem kehidupan," kata Jokowi.


Jokowi lantas mengisahkan sedikit kehidupan pribadinya. Pernah mencicipi bekerja di sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jokowi mengaku hanya bisa bertahan selama 2,5 tahun.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun memutuskan pergi ke Solo untuk mencoba memulai usaha meskipun pada waktu itu tidak memilki apa-apa, baik itu agunan maupun kekayaan orang tua.

"Apa yang saya jual? Hanya satu. Kepercayaan, kepercayaan. Enggak ada yang lain. Dan kerja super-keras. Bukan kerja keras, kerja super-keras," jelasnya.

Menurut Jokowi, dinamika perubahan yang terjadi saat ini dapat dimanfaatkan sejumlah anak muda untuk memanfaatkan peluang. Hal ini, bertolak belakang dengan zaman dulu.

Misalnya, seperti bisnis yang digeluti salah satu anaknya, Kaesang Pangarep. Meskipun sempat diremehkan karena menjual pisang nugget goreng, namun fakta berbicara lain.


"Saya ditunjuki. Saya langsung enggak pakai kalkulator, langsung saya kalikan 54. Loh kok pabrik saya yang gede kalah sama dia," katanya.

Perubahan kondisi perekonomian global dan lanskap sosial memang membuat peluang anak-anak muda untuk berkembang terbuka cukup lebar. Maka dari itu, hal ini harus dimanfaatkan.

"Kita juga memiliki peluang yang sangat besar sekarang ini untuk dikembangkan. Jangan kalah brand-brand lokal kita dengan asing. Jangan kalah," tegasnya.

Tips Sukses Berbisnis a La Jokowi: Jual KepercayaanFoto: Aristya Rahadian Krisabella

Jokowi menilai, ada beberapa produk Indonesia yang bisa bersaing dengan produk asing. Salah satunya, adalah produk warung kopi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Hanya saja, mantan Walikota Solo ini menekankan agar kualitas dari kopi betul-betul harus dijaga. Ia menyarankan agar kualitas warung kopi bisa konsisten.

"Pilih, kalau sudah di dalam negeri digarap bareng-bareng, baru masuk ke pasar internasional," tegasnya.


Saksikan video mengenai bisnis pisang nugget Kaesang berikut ini.



(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading