Ini 2 Cara Capai Target Resolusi Menabung di 2019

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 January 2019 12:51
Ini 2 Cara Capai Target Resolusi Menabung di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia- Apakah lebih banyak menabung jadi resolusi Anda di tahun ini? Mungkin itu susah terwujud, tapi bukan mustahil jika Anda menerapkan dua cara ini. Tabungan Anda bisa jadi membengkak dan mungkin lampaui target malah.

Penelitian dari Chazen Institute di Columbia Business School menemukan bahwa orang lebih cenderung berkomitmen pada tujuan tabungan mereka jika mereka mendapat dukungan untuk tujuan mereka.




Para peneliti di sekolah tersebut mempelajari klien bank kredit mikro berpenghasilan rendah di Chili. Pengusaha ini mengoperasikan usaha kecil dan cenderung meminjam uang secara teratur.

Karena mereka adalah wiraswasta, salah satu cara paling ampuh untuk menyisihkan uang mengotomatiskan tabungan mereka tidak selalu berhasil, karena pendapatan mereka berfluktuasi. Jadi para peneliti di Columbia melihat apakah ada metode lain untuk mendorong penghematan, dan itu berhasil. 

Berikut adalah beberapa strategi agar tabungan Anda menjadi kenyataan di 2019

Berkelompok untuk Saling Mendukung
Anda tentunya pernah pergi ke gym atau melakukan diet bersama-sama, jadi mengapa tidak menerapkan strategi yang sama pada tabungan?

Para peneliti membagi peserta studi menjadi dua kelompok. Satu set peserta ditawari rekening tabungan pada tingkat yang meningkat secara substansial dari 0,3 persen menjadi 5 persen.

Seperangkat individu lain ditawari program yang mencakup penetapan tujuan publik, pemantauan dan imbalan non-finansial. Kelompok itu melihat jumlah simpanan tabungan tumbuh 3,7 kali. Saldo rata-rata hampir dua kali lipat.

Namun, kelompok yang ditawari tingkat tabungan yang lebih tinggi, tidak banyak mengalami perubahan. "Motivasi bukanlah masalah para peserta, mereka ingin menyelamatkan. Yang sulit adalah benar-benar mengimplementasikannya," kata Stephan Meier, profesor strategi bisnis James P. Gorman di Columbia Business School. 

Kelompok pendukung tabungan membantu membuat perubahan itu menjadi kenyataan dengan menjaga sasaran tetap tinggi bagi para peserta. "Hanya membicarakannya saja bisa membantu," kata Meier.

Jika Anda ingin menyatukan kelompok untuk membantu mencapai tujuan Anda, pastikan itu terdiri dari orang-orang yang berada dalam keadaan yang sama, kata Meier.

[Gambas:Video CNBC]


Pengingat otomatis
Dalam studi tindak lanjut, para peneliti berangkat untuk melihat apakah meniru dinamika kelompok melalui pesan teks dapat memberikan hasil yang sama.

Itu bisa termasuk pengingat teks yang dikirim langsung ke peserta untuk mengingatkan mereka tentang tujuan tabungan mereka. Itu juga dapat mencakup pembaruan teks ke teman atau keluarga untuk memberi tahu mereka jika Anda atau tidak memenuhi tujuan Anda.

"Ternyata hanya mendapatkan pesan teks sendiri sudah efektif. Ini tentang umpan balik, pikiran paling atas, memastikan bahwa Anda memikirkannya, itulah gunanya membiarkan orang tetap berpegang pada rencana itu," kata Meier.  (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading