Bisa Nulis Skripsi Lulus MBA, Ini Cara Pakai ChatGPT OpenAI

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 January 2023 09:50
Markets Wall Street. (AP/Courtney Crow) Foto: Markets Wall Street. (AP/Courtney Crow)

Jakarta, CNBC Indonesia - ChatGPT disebut punya kemampuan yang mengagumkan. Sistem chatbot dari OpenAI itu dapat memberikan tulisan dengan bahasa yang natural.

ChatGPT memiliki format chat. OpenAI mengatakan sistemnya dapat menjawab pertanyaan hingga menantang premis yang salah.

"Format dialog memungkinkan ChatGPT menjawab pertanyaan, mengakui kesalahan, menantang premis yang salah, dan menolak permintaan tidak pantas," kata OpenAI, dikutip NBC News, Kamis (26/1/2023).

Jika kamu tertarik untuk menggunakan ChatGPT, ini langkah-langkah menggunakannya:

1. Buka situs https://chat.openai.com di PC/laptop atau smartphone.
2. Setelah itu, Anda akan diminta untuk login sebelum menggunakan ChatGPT.
3. Bila belum punya login, Anda dapat mendaftar menggunakan email atau langsung pakai akun Google atau Microsoft.
4. Setelah berhasil login, silakan masukkan kalimat pertanyaan atau pernyataan pada kolom percakapan yang tersedia.
5. Selanjutnya, kirim dan ChatGPT bakal memberikan tanggapannya.

Sempat bisa diakses gratis, ChatGPT mulai membuka opsi berlangganan. Mengutip beberapa pengguna, The Verge melaporkan harganya US$42 per bulan.

Akses berbayar tersebut dinamakan ChatGPT Pro, yaitu ChatGPT yang memberikan respons lebih cepat, akses yang lebih diandalkan, dan prioritas untuk mencoba fitur terbaru.

Awal bulan ini, pihak OpenAI mengakui tengah mencari cara memonetisasi ChatGPT. Namun kala itu, perusahaan mengatakan program yang dibuat baru sebuah bagian dari eksperimen dan bisa berubah.

"Harap diingat bahwa ini adalah program eksperimental awal yang bisa berubah dan kami tidak membuat akses pro berbayar tersedia secara umum sekarang," ujar perusahaan.

Kemampuan ChatGPT yang disebut mengalahkan Google membuatnya bisa menarik jutaan pengguna hanya dalam hitungan hari. Seorang pengguna Reddit, misalnya, mengaku menggunakan ChatGPT untuk menulis tugas akhir sebanyak 4.000 kata.

Namun, kini ia justru membuatnya terancam gagal meraih gelar S2. Alasannya, dosen yang memerika tugas akhir yang diserahkan menemukan banyak konten yang dicurigai plagiat.

ChatGPT juga mampu menyelesaikan ujian akhir MBA yang disusun oleh pengajar di Wharton, salah satu sekolah bisnis paling bergengsi di dunia.

Christian Terwiesch mengatakan Chat GPT mampu menyelesaikan seluruh soal ujian akhir Wharton dan mendapatkan nilai B- hingga B.

"[ChatGPT] mampu melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh pekerja yang memegang gelar MBA seperti analis, manajer, dan konsultan." katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Viral ChatGPT dan OpenAI, Chabot Bisa Gantikan Manusia?


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading