Awas! TV Samsung-LG Bisa Mata-matai Anda, Ini Cara Setopnya

Tech - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
23 January 2023 16:50
Samsung Sero TVs are on display at the Samsung booth during the CES tech show, Tuesday, Jan. 7, 2020, in Las Vegas. The TVs can rotate to play vertically or horizontally. (AP Photo/John Locher) Foto: Samsung Sero TV. (AP Photo/John Locher)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanpa disadari, smart TV rupanya bisa disalahgunakan untuk memata-matai aktivitas dan kebiasaan sang pemilik. Pasalnya, beberapa smart TV ternyata juga dilengkapi dengan kamera yang keberadaannya kerap luput dari perhatian banyak orang.

Namun jangan khawatir, mengutip foxnews.com, pemilik bisa memulainya dari fitur pengenalan konten otomatis atau yang disebut dengan ACR. Fitur ini merupakan sebuah pengenalan visual yang dapat mengidentifikasi setiap iklan, acara TV, atau film yang pengguna putar di TV mereka.

Data visual tersebut kemudian dikumpulkan dan digunakan untuk tujuan target pemasaran dan iklan. Jika hal ini semua terdengar menakutkan bagi anda, terdapat cara untuk mematikan fitur tersebut.

Namun, metode yang tepat akan bergantung pada merek TV yang digunakan. Berikut cara mematikan fitur tersebut berdasarkan merek TV:

1. Samsung

Pada perangkat Samsung yang baru, buka Pengaturan > Dukungan > gulir ke bawah ke Ketentuan & Kebijakan. Di sini Anda dapat mematikan Layanan Informasi Tampilan (teknologi ACR Samsung), Periklanan berbasis Internet (untuk pelacakan iklan yang dipersonalisasi), dan Layanan Pengenalan Suara.

Pada TV pintar Samsung versi lama, buka menu Smart Hub TV > Pengaturan > Dukungan > cari Ketentuan & Kebijakan > lalu nonaktifkan SyncPlus dan Pemasaran. Anda juga dapat menonaktifkan Layanan Pengenalan Suara di bagian ini.

Ingatlah bahwa mematikan Layanan Pengenalan Suara TV Samsung Anda akan menonaktifkan perintah suaranya

2. LG

Teknologi ACR LG dimasukkan ke dalam TV pintar bertenaga WebOS yang lebih baru, yang dikenal sebagai LivePlus. Untuk mematikannya, buka Pengaturan > Semua Pengaturan > gulir ke bawah ke Umum > gulir ke bawah ke pengaturan yang disebut LivePlus > alihkan ke Nonaktif.

Untuk membatasi pengumpulan data dalam bentuk lain di TV pintar LG Anda, kembali ke Pengaturan > Semua Pengaturan > gulir ke bawah ke Umum > Tentang TV Ini > Perjanjian Pengguna > alihkan Periklanan yang Dipersonalisasi ke Nonaktif.

Sementara itu, jika anda berharap untuk meminimalkan dampak big data pada pengalaman menonton Anda, berikut tips lainnya untuk dicoba.

- Sesuaikan pengaturan privasi Anda untuk membatasi data apa yang dikirim perangkat Anda kembali ke pabrikan.

- Nonaktifkan kontrol suara. Ini dapat menghentikan TV Anda menganalisis percakapan untuk mendengarkan kata bangun atau perintah.

- Hindari aplikasi dan saluran gratis. Campuran iklan dan pengumpulan data umumnya mendukung ini.

- Pertimbangkan juga apa yang dilacak oleh layanan streaming dan perangkat Anda. Tekan klik untuk melihat apa yang dikumpulkan Netflix, Hulu, Amazon Prime Video, dan lainnya serta cara menyesuaikan pengaturan Anda.


[Gambas:Video CNBC]

(tib)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading