Hikmah di Balik PHK Massal GoTo, Shopee hingga Ruangguru Cs

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 November 2022 14:25
Ilustrasi PHK (Freepik) Foto: Ilustrasi PHK (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan di raksasa teknologi belakangan ini bisa jadi berkah bagi startup baru dan kecil. Yakni perusahaan rintisan tersebut bisa mendapatkan talenta dari perusahaan besar.

"Serangkaian PHK yang terjadi di market, khususnya di teknologi besar sebenarnya berkah tersembunyi bagi pemula baru seperti kami untuk mendapatkan seperti beberapa bakat bagus dari teknologi besar yang mungkin tidak cocok di perusahaan itu," kata CEO Alami, Dima Djani dalam diskusi Strategic Priorities & Paths to Sustainable Profitability, Selasa malam (22/11/2022).

Dia menjelaskan talenta yang terdampak PHK di big tech belum tentu sumber daya yang buruk. Mungkin mereka berada dalam proyek bukan proyek inti dalam perusahaan besar.

Para startup baru itu dapat mulai berbicara dengan talenta yang terkena efisiensi itu. Termasuk melihat apakah mereka cocok untuk masa depan perusahaan.

"Saya akan mengatakan privilege untuk mulai berbicara dengan orang-orang ini dan melihat apakah keahlian mereka cocok untuk peta jalan produk masa depan kami," ungkapnya.

Dia juga menyinggung terkait mendapatkan talenta bagi startup fintech tahap awal. Banyak dari mereka berasal dari bank besar, termasuk yang paham terkait manajemen risiko dan data science.

"Setelah talenta kunci datang, mereka jelas membawa jaringan mereka juga. Bagi kami khususnya, awalnya sangat sulit namun saat kami mulai memperkerjakan beberapa talenta kunci ini, khususnya dari teknologi, maka relatif lebih mudah untuk merekrut banyak orang kompeten lainnya," jelas Dima.

Selain itu mencari talenta juga didorong dari media sosial LinkedIn, yang membuat perusahaannya jadi dikenal. Jadi orang-orang tersebut bisa lebih mengenal perusahaan baru itu.

"Saat mulai berdiskusi dengan key talent, mereka setidaknya tahu seperti apa perusahaan kami dan telah mendengarnya dari berbagai sumber," kata Dima.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Badai PHK, Startup Unicorn Ini Malah Rekrut Karyawan Baru


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading