Bos Telkom Buka-bukaan Soal Ambisinya di Bisnis Data Center

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
08 November 2022 17:40
Data Center data centre (Reuters) Foto: Data Center (Reuters)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Telkom Indonesia akan mengembangkan bisnis infrastruktur, salah satunya dengan membangun lebih banyak lagi data center.

Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia Muhammad Fajrin Rasyid, mengatakan, dari lini infrastruktur dalam beberapa tahun terakhir Telkom tengah pengembangannya data center.

"Kita rencananya akan ekspansi data center sekitar 15, plus minus lah," kata Fajrin dalam acara Ngobrol Pagi Seputar BUMN di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (8/11/2022).

Menurutnya pengembangan data center ini sangat penting untuk negara yang besar seperti Indonesia. Dia mencontohkan kalau ada pengguna di Indonesia bagian Timur akan baik kalau mereka punya data center di sana.

"Sehingga kalau misalkan ada orang yang mau akses sebuah website itu ada di data center Indonesia bagian Timur, dibandingkan data center di Jakarta atau bahkan tidak ada di luar negeri," ungkapnya.

Telkom sendiri sudah memiliki 28 data center yang terdiri dari 5 data center global dan 3 Enterprise Data Center (Sentul, Serpong, dan Surabaya) dengan klasifikasi tier 3 dan 4.

Perusahaan plat merah ini juga memiliki 1 Hyperscale Data Center di Cikarang dan 19 neuCentrIX yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Sejak tahun 2015, Telkom tercatat sebagai perusahaan pertama yang mendapatkan sertifikasi bertaraf internasional (Uptime Sertifikasi Tier 3 & Tier 4) dan Sertifikasi Tier Certification Operational Sustainability (Gold rating) satu-satunya di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bisnis Data Center RI Rebutan Pemain Global, Gimana Telkom?


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading