Terungkap! Telkom Berniat Bangun Data Center di Luar Negeri

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
19 October 2022 17:15
Telkom Foto: dok Telkom

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkom Indonesia berniat untuk membangun data center di Singapura. Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan data center merupakan komponen yang sangat penting bagi ekosistem digital. Saat ini kehadirannya banyak dibutuhkan baik perusahaan domestik maupun luar negeri.

"Kami memang sedang melakukan konsolidasi, jadi data center ini, secara pengelolaannya kita ada satu anak perusahaan yang fokus mengelola data center," kata Ririek saat wawancara dengan CNBC Indonesia.

"Jadi nanti semua data di Telkom, baik yang existing maupun yang akan dibangun itu akan di bawah anak perusahaan kita ini" imbuhnya.

Salah satu data center saat ini ada di daerah Cikarang yang disebut dengan HyperScale Data Center Telkom.

Telkom, kata Ririek, berencana untuk membangun berbagai data center lainnya di Indonesia antara lain di Batam, Manado, dan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Selain di Indonesia, kita juga membangun Data Center di negara tetangga kita, kita sedang ikut bidding di Singapura suatu hub yang penting untuk di Asia Pasifik," ungkapnya.

Tantangan utama ke depan untuk membangun data center, selain secara umum lahan dan sebagainya, adalah data center ke depan membutuhkan Green atau Clean Energy.

"Itu yang menjadi salah satu tantangan terberat. karena semakin banyak perusahaan terutama pemain internasional itu sudah mensyaratkan hal tersebut," kata Ririek.

"Nah kita challenge-nya (tantangan) listrik kita kan distribusi dan transmisi masih satu ya, apapun itu masih satu. Nah ini yang mungkin jadi satu tantangan yang perlu kita jawab bersama."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bisnis Data Center RI Rebutan Pemain Global, Gimana Telkom?


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading