Punya Potensi Besar, Bisnis Data Center Juga Hadapi Tantangan

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
13 October 2022 15:45
Andreuw  Th.A.F, President Director PT Telkom Data Ekosistem Foto: Andreuw Th.A.F, President Director PT Telkom Data Ekosistem

Jakarta, CNBC Indonesia - Masifnya transformasi digital membuka berbagai potensi bisnis baru di Indonesia, salah satunya data center. Saat ini semakin banyak bisnis, dari UMKM hingga korporasi, memanfaatkan data center untuk mengembangkan usahanya.

Presiden Direktur PT Telkom Data Ekosistem Andreuw Th.A.F mengungkapkan di balik potensinya yang besar, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh industri. Edukasi pasar dan SDM yang mumpuni menjadi salah satu kendala.

Dalam CNBC Indonesia Tech Conference, Kamis (13/10/2022), dia juga menyebut untuk sumber daya manusia atau talent yang dibutuhkan juga menjadi isu tersendiri. Telkom pun mengembangkan talenta digital yang bisa memenuhi standar global, dan fokus pada data center.

"Tidak banyak talent yang tersedia, bukan hanya di Indonesia tetapi di Asia Tenggara juga. Telkom berusaha mengembangkan talenta ini melalui beberapa upaya agar mencapai standar gloal," kaata dia.

Telkom juga memastikan terkait keamanan data center agar semua aksesnya sesuai standar. Adanya UU Perlindungan Data Pribadi pun menjadi panduan dalam pengembangan keamanan.

"Data center keamanan lebih ke arah fisik. Telkom ada 8 step dari pintu depan sampai server, supaya ini akses secure dan ini semua ada standarnya, security untuk data center operasi dan kami harus memenuhinya," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Telkom Ungkap Keuntungan Gabung Telkomsel-Indihome


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading