Indihome-Telkomsel Jadi Satu, Pelanggannya Bagaimana?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 October 2022 08:05
IndiHome Foto: Dok Indihome

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyatuan Indihome-Telkomsel diyakini akan membuat pelanggan lebih mudah mengakses layanan. Mereka juga hanya perlu membeli satu paket bundling yang mencakup kedua layanan tersebut dalam satu harga.

"Produk FMC (Fixed-Mobile Convergance), broadband dengan 5 gadget harga Rp 300 ribu. Kuota gadget misalnya 100 GB misalnya. Bisa saling tukeran," kata E. Kurniawan, VP Marketing Management Telkom, ditemui usai acaraPerang Tarif Internet: Mungkinkah Menular ke Penyedia Fixed Broadband?, di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Selain membeli paket dengan satu harga, layanan Indihome dan Telkomsel tersebut kepada pelanggan nantinya juga akan menjadi satu. Dengan begitu akan memudahkan pelanggan layanan untuk mengaksesnya.

Kurniawan menjelaskan tujuan penggabungan keduanya adalah sebagai upaya meningkatkan layanan broadband pada pelanggan. Selain itu bisnis FMC sebenarnya sudah biasa di negara lain, misalnya di China dan Singapura yang menghadirkan paket fixed broadband dan mobile dengan satu harga.

"Itu sudah digelar Indonesia bukan baru keniscayaan dari global juga terjadi," kata dia.

Penggabungan Telkomsel dan Indihome, dia menjelaskan akan membuat dua layanan saling back-up saat jaringan down. "Akan saling backup, dulu kan Indihome terganggu enggak ada backup. Seluler dan fixed broadband saling backup," jelas E. Kurniawan.

Dalam kesempatan itu, Kurniawan menjelaskan kemungkinan produk FMC dari Indihome dan Telkomsel akan meluncur awal tahun depan. Sementara itu, dia mengatakan fokus kerja sama keduanya bisa diselesaikan secepatnya.

Namun Kurniawan mengatakan pihaknya telah memiliki paket FMC bernama Smooa. Paket itu juga menghadirkan produk Indihome dan Telkomsel dalam satu harga.

"Iya mudah-mudahan awal 2023 sudah bisa announce. Kalau produk FMC sudah sekarang ada. Produk FMC penggabungan Indihome ada Telkomsel nama Smooa," jelas Kurniawan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Telkom Ungkap Keuntungan Gabung Telkomsel-Indihome


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading