Startup Ini Buat Jaket Tembus Pandang, Bak Jubah Harry Potter

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 September 2022 07:55
Harry Potter Foto: Reuters

Jakarta, CNBC Indonesia - Ingat dengan jubah tembus pandang milik Harry Potter? Bukan hanya di film, tapi kita mungkin bisa menemukannya di dunia nyata. Sebuah penelitian sedang mengembangkan jaket tembus pandang yang menyembunyikan termal pengguna.

Tim peneliti dari Vollebak dan University of Manchester menyebutkan kemampuan menyembunyikan termal penggunanya merupakan salah satu langkah penting menciptakan jubah yang tidak terlihat.

"Prototipe Thermal Camouflage Jacket membuktikan kelayakan kamuflase untuk pertama kalinya dan saya bisa dengan percaya diri menyatakan konsep jubah tembus pandang bukan lagi fiksi ilmiah," jelas profesor 2D device materials di University of Manchester, Coskun Kocabas, dikutip dari Gizmodo, Jumat (30/9/2022).

"Alasan kami menggunakan graphen pada jaket adalah bahannya mudah diatur, artinya menerapkan energi padanya mengubah tampilan pada spektrum inframerah serta spektrum yang terlihat".

Jaket tersebut memiliki 42 panel hitam persegi di bagian dadanya, yang akan menyamarkan tanda termal pemakainya. Ini akan menangkap radiasi termal dari lingkungan mereka serta berusaha menyamarkan penggunanya dengan membaru jadi tidak terlihat oleh kamera inframerah.

"Sementara Thermal Camouflage Jacket hanya beroperasi pada spektrum inframerah sekarang, pada akhirnya mungkin untuk membangun versi yang juga beroperasi pada spektrum yang terlihat dan ini akan menjadi jubah tembus pandang yang ditunggu dunia," jelas Kocabas.

Co-founder Vollebak, Nick Tidball mengatakan yakin dengan kemampuan graphen untuk mengantarkan panas dan listrik. Berikutnya menjadi bahan untuk dikerjakan.

"Bahan yang bisa menjadi dasar pakaian yang akan kami gunakan dalam waktu 100 atau 1.000 tahun," kata dia.

"Kami di sini untuk mengubah konsep sci-fi menjadi kenyataan".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Simak Cerita di Balik Pengembangan Startup Venteny


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading