Ternyata Bukan Cuma GoTo, RI Punya Dua Decacorn

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
28 September 2022 13:40
[DALAM] UNICORN Foto: Ilustrasi/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini, Indonesia sudah melahirkan dua perusahaan yang sempat mencapai status decacorn. Untuk diketahui decacorn merupakan sebutan bagi startup dengan valuasi di atas US$ 10 miliar (Rp 147 triliun).

Adapun dua startup decacorn yang disebut termasuk layanan kirim barang J&T Express dan layanan ride-hailing Gojek.

Menurut laporan dari CB Insight, J&T Express kini memiliki valuasi sekitar US$ 20 miliar (sekitar Rp 304 triliun), dengan investor yang tercatat dari Hillhouse Capital Management, Boyu Capital, Sequoia Capital China.

J&T adalah perusahaan logistik last-mile yang didirikan oleh dua eks bos produsen smartphone Oppo, Jet Lee dan Tony Chen.

Perusahaan yang tumbuh pesat mengikuti perkembangan industri e-commerce ini ternyata juga salah satu yang paling getol ekspansi ke luar negeri.

Menurut pernyataan perusahaan pada Februari lalu, jaringan J&T kini mencakup 11 negara. Selain RI, J&T sudah hadir di China, Vietnam, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, Singapore, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Meksiko.

Sementara tu, Gojek kini telah menjadi perusahaan terbuka yaitu GoTo setelah merger dengan perusahaan digital lainnya Tokopedia. Pendiri Gojek, Nadiem Makarim, kini adalah menteri di kabinet Jokowi.

Tokopedia sendiri adalah satu dari unicorn Indonesia. Selain Tokopedia, ada juga Bukalapak yang sama-sama telah melantai di bursa saham Indonesia.

Jika mengacu kepada harga saham GoTo saat penawaran umum perdana saham (IPO). Valuasi terakhir GoTo sebagai perusahaan tertutup adalah US$28 miliar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi: Digitalisasi Ekonomi Lahirkan 2 Decacorn & 9 Unicorn


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading