Siaran TV Analog Mulai Dimatikan, Habis Jakarta di Mana Lagi?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 September 2022 13:25
Menghitung Hari TV analog dimatikan DI DKI Jakarta Foto: Infografis/ Siaran TV Analog Dimatikan/ Ilham Restu

Jakarta, CNBC Indonesia - Menyusul Jabodetabek pada 5 Oktober 2022, siaran televisi analog di sejumlah wilayah juga akan segera dimatikan. Mulai dari Bandung hingga ke Makassar.

"Setelah Jabodetabek, bersiap Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, setelah itu di luar Jawa ada Medan, Banjarmasin, Bali, Palembang dan Makassar," kata Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, di kantor Kementerian Kominfo, Jumat (23/9/2022).

Dia tak memerinci kapan seluruh wilayah itu akan bermigrasi ke siaran digital. Namun, Kementerian Kominfo memiliki kriteria untuk menilai kesiapan wilayah yang bisa diberlakukan Analog Switch Off (ASO).


Rosarita Niken mengatakan salah satu kriterianya adalah pada wilayah yang akan dihentikan siarannya telah terdapat siaran televisi analog. Berikutnya wilayah yang tercakup dengan siaran televisi analog sudah siap digantikan dengan siaran TV digital.

"Bantuan Set Top Box (STB) untuk rumah tangga miskin di daerah tersebut sudah terdistribusi," jelas Staf Khusus Menkominfo dan Ketua Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital, Rosarita Niken Widiastuti.

Dia menjelaskan hingga 2 November 2022 mendatang, atau akhir dari siaran analog, ASO akan dilakukan pada 112 wilayah layanan terdiri atas 341 daerah administratif Kabupaten/Kota.

Sementara itu 90 wilayah layanan telah disiapkan infrastruktur multipleksingnya. Jadi masyarakat di daerah tersebut sudah bisa migrasi ke siaran televisi digital.

"Untuk 22 wilayah layanan yang belum mendapat siaran digital, saat ini sedang dilakukan pembangunan multipleksing oleh LPP TVRI melalui pembiayaan negara. Sehingga dalam waktu dekat, masyarakat di daerah-daerah tersebut segera akan mendapatkan siaran digital," ungkap Niken.

Jabodetabek direncanakan akan mematikan siaran TV analog pada 5 Oktober mendatang. Berikut wilayah yang terdampaknya:

  1. Kota Adm. Jakarta Pusat
  2. Kota Adm. Jakarta Utara
  3. Kota Adm. Jakarta Barat
  4. Kota Adm. Jakarta Selatan
  5. Kota Adm. Jakarta Timur
  6. Kabupaten Adm. Kep. Seribu
  7. Kabupaten Bekasi
  8. Kabupaten Bogor
  9. Kota Bekasi
  10. Kota Bogor
  11. Kota Depok
  12. Kabupaten Tangerang
  13. Kota Tangerang
  14. Kota Tangerang Selatan

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

ASO Tahap I Dimulai di 8 Kabupaten/Kota, Sisanya Kapan?


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading