Apakah Bisa Nonton Youtube & Netflix di TV Digital?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
09 June 2022 11:10
FILE - This March 20, 2018 file photo shows the YouTube app on an iPad in Baltimore. YouTube says it will turn off comments on most videos that feature kids. The change comes after advertisers began boycotting the site last week in response to inappropriate comments made on videos of minors. (AP Photo/Patrick Semansky, File) Foto: Youtube (AP/Patrick Semansky)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini proses penghentian siaran TV analog ke siaran TV digital atau Analog Switch Off (ASO) tengah dilakukan. Lalu muncul pertanyaan apakah TV digital bisa nonton YouTube dan Netflix?

Jawabannya adalah tidak bisa, jika sekadar TV digital tanpa sistem operasi seperti Android TV yang terkoneksi internet.

Perlu diketahui Android TV sendiri digunakan untuk menangkap siaran digital, tetapi dia membutuhkan box yang berbeda dari yang dimaksud sebagai Set Top Box (STB) dalam ASO untuk televisi yang belum bisa menangkap siaran digital.

Set Top Box berfungsi menangkap siaran digital ke perangkat televisi analog, sedangkan Android TV Box mengubah televisi konvensional menjadi TV pintar atau smart TV. Pengguna smart TV ini akan bisa menonton layanan streaming seperti YouTube dan Netflix dengan syarat tersambung internet.

Nantinya akan tersedia smart TV dengan berbagai sistem operasi, bukan hanya Android, ataupun smart TV yang telah cerdas tanpa membutuhkan Android TV Box.

Kemudian karena berbasis Android, tampilan antarmuka pada layar televisi yang menggunakan Android TV Box juga akan tampak seperti ponsel atau tablet.

Sementara, pada STB, siaran televisi terestrial yang ditangkap adalah siaran yang tidak berbayar atau free to air. Setelah memasangkannya di televisi analog, pengguna akan bisa menonton siaran televisi biasa, hanya saja yang ditangkap adalah siaran digital, bukan analog.

Siaran terestrial digital, di mana saja perangkat berada, selama bisa menangkap sinyal, bisa mendapatkan siaran televisi dengan jernih. Untuk itu, pada siaran digital hanya akan mengenali dua pilihan, yaitu ada siaran atau tidak ada siaran sama sekali (blank).

Tidak akan ada lagi cerita siaran televisi yang layarnya bergoyang, keluar titik, bagaikan semut berjalan ataupun seperti hujan di layar kaca.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ga Cuma TV Nasional, Stasiun Lokal Ramai-Ramai Pindah Digital


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading