Bjorka Digugat Sana-Sini, Sudah Ketahuan Siapa Sosoknya?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 September 2022 08:30
Bjorka (Tangkapan Layar via Twitter @bjorkanisme) Foto: Bjorka (Tangkapan Layar via Twitter @bjorkanisme)

Jakarta, CNBC Indonesia - Meski belum diketahui sosoknya, Bjorka telah digugat karena kebocoran data. Gugatan secara online ini tengah disiapkan oleh Lembaga Bantuan Hukum Digital Informasi Teknologi (LBH Digitek) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Gugatan itu dilakukan karena tindakan kebocoran data pengguna layanan telekomunikasi di Indonesia. Pihak LBH Digitek juga telah mengonfirmasi rencana tersebut.

"Ya benar, rencananya kami akan menurunkan tim terbaik yang telah mempunyai pengalaman atau rekam jejak digital melawan Facebook.inc Amerika dalam skandal kebocoran data pribadi dunia oleh Cambridge Analytica dari Inggris di tahun 2018 lalu," ujar Jemy Tommy, Sekjend LBH Digitek, dikutip dari keterangan resmi yang diterima CNBC Indonesia, Rabu (21/9/2022).


Dia juga menjelaskan terkait alasan mengajukan gugatan secara online. Ini diharapkan Bjorka bisa hadir saat dipanggil pengadilan dan menggunakan haknya untuk membela diri.

Wakil Direktur Ligitasi LBH Digitek, Wenny Juliani mengatakan pihaknya siap melawan siapapun yang berusaha mengganggu kedalutan digital. "Demi hukum, kedaulatan digital Negara Kesatuan Republik Indonesia, keamanan nasional bangsa dan keamanan warga negara Indonesia harus ditegakkan!" jelasnya.

Bjorka merupakan sosok yang menyebarkan berbagai data pribadi sejumlah instansi. Salah satunya adalah dugaan data dari registrasi SIM Card.

Selain itu Bjorka adalah sosok yang menyebarkan surat yang ditujukkan kepada presiden. Sejumlah tokoh publik juga diketahui datanya disebarkan oleh Bjorka.

Namun hingga saat ini belum diketahui siapa orang yang berada di balik topeng Bjorka. Menkopolhukam, Mahfud MD sendiri pernah mengatakan pihaknya telah mengantongi sosok pelaku.

"Kita terus menyelidiki, gambaran pelaku sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri. Tetapi belum bisa diumumkan. Gambaran-gambaran siapa dan dimana sudah punya alat untuk melacak itu semua," kata Mahfud.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menebak Sosok di Balik Akun Hacker Bjorka, Benarkah Orang RI?


(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading