Penasaran Siapa Sosok Bjorka, Warga RI Banjiri Forum Hacker

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 September 2022 07:15
Ilustrasi Hacker (Pexels) Foto: Ilustrasi Hacker (Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aksi Bjorka menjual jutaan data warga Indonesia dan menyebarkan data pribadi pejabat pemerintah membuat publik penasaran siapa sosok Bjorka. Forum hacker tempat Bjorka menjual data pun jadi kebanjiran pengguna baru.

Pemberitaan mengenai Bjorka di Indonesia membuat para anggota forum hacker memberikan Bjorka "penghargaan" sebagai "pemikat media". Salah satu akun di forum Breached.to menyebut Bjorka sebagai "the media attractor" dalam utas buatannya.

"Seperti judul, setelah ChinaDan, sepertinya Bjorka adalah pemikat media di BF [Breach Forums]. Selamat datang pengguna baru dari Indonesia," tulis akun tersebut.


ChinaDan adalah akun hacker milik penyebar data 1 miliar warga negara China yang dicuri dari kepolisian kota Shanghai.

Pujian sebagai magnet media ini ditanggapi oleh Bjorka. "Woaaa terima kasih semuanya," tulis Bjorka dalam utas tersebut.

Saking banyaknya pengguna baru asal Indonesia, admin forum pun harus membuat pengumuman khusus buat warga RI. Pasalnya, banyak pengguna baru asal Indonesia yang penasaran siapa Bjorka tidak mengetahui "aturan" forum.

Postingan berjudul Pesan Untuk Semua Pengguna di Indonesia, A Message To Our Users From Indonesia diunggah pada 16 September 2022 dalam dua bahasa Indonesia dan Inggris.

Admin itu menuliskan kebanyakan orang Indonesia yang bergabung ke forum tersebut kemungkinan karena Bjorka. Mereka juga menuliskan untuk mencarinya bisa mengunjungi akunnya di Breached.to.

"Jika Anda sekarang berada di forum ini, kemungkinan besar Anda berada di forum ini karena 'Bjorka' yang akhir-akhir ini didengungkan di media massa," jelas admin itu, dikutip Selasa (20/9/2022).

"Jika Anda ingin menghubungi Bjorka, Anda dapat mengirim pesan langsung ke Bjorka lewat fitur pesan pribadi atau japri."

Admin forum itu juga meminta tidak menghubungi staf dan menanyakan rekan lainnya terkait dengan cara menghubungi Bjorka. Bagi mereka yang mencarinya di luar cara yang diberikan akan diblokir akunnya.

Selain itu, admin juga memberikan cara menggunakan forum serta aturan-aturannya. Admin juga memastikan pihaknya tidak memiliki hubungan dengan hukum Indonesia.

"Kami mendorong kawan-kawan kami dari Indonesia untuk merasa aman, karena kami tidak memiliki hubungan dan kaitan dengan hukum Indonesia. Pesan ini kami buat untuk memperjelas bagaimana cara kerja forum kami. Jika Anda masih memiliki banyak pertanyaan, Anda dapat menanyakannya ke saya [tentunya dalam Bahasa Inggris]," tulis admin.

Bjorka memang menghebohkan publik dengan mengklaim memiliki data sejumlah perusahaan dan instansi pemerintah. Selain itu, juga menjadi pihak yang membeberkan data seperti surat yang ditujukkan untuk presiden dan data pribadi sejumlah tokoh publik.

Pemerintah mengonfirmasi telah mengantongi identifikasi Bjorka. Namun sayang Menkopolhukam, Mahfud MD masih enggan membukanya kepada publik.

"Kita terus menyelidiki, gambaran pelaku sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri. Tetapi belum bisa diumumkan. Gambaran-gambaran siapa dan di mana sudah punya alat untuk melacak itu semua," kata Mahfud dalam sebuah konferensi pers minggu lalu.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hacker Bjorka "Gentayangan", Pejabat Hingga Istana "Dicolek"


(dem/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading