Hacker Bjorka Tebar Ancaman Lagi: Janji Bikin Kejutan Besar!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 September 2022 07:30
INFOGRAFIS, Hacker Paling Terkenal Sepanjang Masa Foto: Infografis/ Hacker/ Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Bjorka, pihak yang membocorkan data beberapa instansi pemerintahan beberapa waktu lalu kembali bersuara ke publik. Dalam kanal Telegramnya dia menjanjikan akan membuat kejutan.

Dia tak merinci kejutan apa yang akan terjadi. Namun hanya menuliskan akan ada kejutan segera.

"Akan ada kejutan segera," tulis Bjorka dalam kanal Telegram, dikutip Rabu (21/9/2022).


Dalam unggahan yang sama Bjorka juga mengklarifikasi beberapa informasi. Misalnya saja dia mengaku tak memiliki akun Twitter lain diluar akun @bjorkanesian yang sudah disuspen sebelumnya.

Bjorka mengingatkan jika ada akun yang menggunakan namanya merupakan akun palsu. Selain itu, Bjorka mengatakan juga tidak punya akun Instagram dan Tiktok serta memastikan tidak membuat video apapun.

Terakhir, Bjorka memastikan hanya menggunakan platform Telegram dan laman forum breached.to untuk berkomunikasi. "Saat ini kanal komunikasi yang saya gunakan hanya Telegram dan breached.to," ungkap Bjorka.

Sementara itu sosok Bjorka terus dikejar. Dalam konferensi persnya beberapa waktu lalu, Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan pemerintah telah mengetahui gambaran Bjorka namun belum bisa mengungkapkannya kepada publik.

"Kita terus menyelidiki, gambaran pelaku sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri. Tetapi belum bisa diumumkan. Gambaran-gambaran siapa dan dimana sudah punya alat untuk melacak itu semua," kata Mahfud.

Sejumlah orang sempat dituduh sebagai orang dibalik sosok yang menghebohkan Indonesia beberapa waktu terakhir itu. Termasuk pemuda asal Madiun, MAH yang sempat diketahui diperiksa kepolisian setempat.

Pihak kepolisian akhirnya memutuskan pemuda itu sebagai tersangka. Bukan sebagai Bjorka, namun hanya membantu tindakannya yakni penyedia kanal telegram.

"Adapun peran tersangka merupakan bagian dari kelompok Bjorka yang berperan sebagai penyedia channel telegram, dengan nama channel Bjorkanism. Selanjutnya channel telegram tersebut digunakan untuk mengupload informasi," jelas Ade dikutip dari Detik.com.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hacker Bjorka "Gentayangan", Pejabat Hingga Istana "Dicolek"


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading