Lenyap dari Singapura, Bos Terra Luna Do Kwon Bantah Kabur

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 September 2022 09:05
Do Kwon (Tangkapan Layar) Foto: Do Kwon (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama ini otoritas Korea Selatan mengeluarkan surat penangkapan untuk Do Kwon, bos Terra Luna. Namun dia ternyata membantah menjadi buron.

Menurut Do Kwon, dirinya tidak dalam keadaan "pelarian". Dalam utasnya dia mengatakan "Anda tidak punya urusan mengetahui koordinat GPS saya".

Selain itu, dia mengklaim akan bekerja sama penuh dan tidak menyembunyikan apapun. "Saya tidak 'dalam pelarian' untuk lembaga pemerintah manapun yang menunjukkan minat untuk berkomunikasi, kami bekerja sama penih dan tidak menyembunyikan apapun," tulis Do Kwon, dikutip dari Decrypt, Senin (19/8/2022).

"Kami dalam proses membela diri di berbagai yuridiksi. Kami telah memegang teguh integritas yang tinggi dan berharap mengklarifikasi fakta dalam beberapa bulan ke depan".

Setelah runtuhnya Terra Luna beberapa waktu lalu, kejaksaaan Korea Selatan melakukan penyelidikan. Do Kwon didakwa melanggar aturan pasar modal negara tersebut dan menghadapi tantangan berbagai yuridiksi.

Minggu lalu, kejaksaan Korea Selatan secara resmi mengeluarkan surat penangkapan pada Do Kwon. Ada lima orang lainnya yang juga bernasib serupa.

"Surat perintah penangkapan telah dikeluarkan untuk enam orang, termasuk Do Kwon, yang saat ini tinggal di Singapura," kata juru bicara kejaksaan Korea Selatan, seperti dikutip dari Reuters.

SEC (Securities and Exchange Commision) di Amerika Serikat (AS) juga dilaporkan sedang menyelidiki apakah Terraform Labs milik Do Kwon melanggar aturan perlindungan investor federal, dengan memasarkan UST.

Anjloknya nilai Terra Luna juga memicu aksi jual kripto secara besar-besaran. Selain itu juga mendorong kehancuran profil tinggi pada pemberi pinjaman kripto Celcius dan Voyager, serta hedge fund Three Arrows Capital.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Biang Kerok yang Bikin Harga Terra Luna Anjlok Tak Karuan


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading