Ternyata Ini 'Senjata Rahasia' iPhone 14 Bisa Pakai Satelit

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
19 September 2022 08:55
Pengunjungmemegang model iPhone 14 baru di acara Apple di kampus kantor pusat Apple di Cupertino, California, Rabu (7/9/2022). (AP Photo/Jeff Chiu) Foto: Pengunjungmemegang model iPhone 14 baru di acara Apple di kampus kantor pusat Apple di Cupertino, California, Rabu (7/9/2022). (AP Photo/Jeff Chiu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple baru-baru ini merilis seri iPhone 14. Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan adalah kemampuan terhubung ke satelit yang memungkinkan mengirim pesan darurat ketika tidak ada koneksi WiFi atau data seluler.

Untuk fitur ini, Apple diketahui menggunakan chip modem Qualcomm yang dapat menangkap sinyal satelit. Bahkan ponsel itu memiliki komponen Apple tambahan yang dirancang khusus untuk digunakan dalam fitur baru pada ponsel tersebut, menurut analisis ponsel oleh iFixit dan pernyataan Apple.

Apple mengatakan awal bulan ini bahwa model iPhone 14 berisi perangkat yang memungkinkan layanan pesan darurat, yang rencananya akan diaktifkan oleh Apple dalam pembaruan software di bulan November.

Sejauh ini Apple memang tidak memberikan perincian tentang perangkat keras khusus satelit.

iFixit pun membongkar model iPhone 14 Pro Max untuk kebutuhan lain, namun mereka malah menemukan bahwa ponsel tersebut menggunakan chip modem Qualcomm X65.

Chip Qualcomm menyediakan konektivitas 5G untuk jaringan seluler tetapi juga mampu menggunakan apa yang disebut n53, pita frekuensi yang digunakan oleh satelit dari Globalstar.

Globalstar awal bulan ini memang mengumumkan kesepakatan dengan Apple. Perusahaan berbasis di Cupertino, AS, itu akan mengambil hingga 85% dari kapasitas jaringan satelit Globalstar untuk mengaktifkan fitur pesan darurat baru Apple.

Dalam sebuah pernyataan, Apple mengatakan ada perangkat keras dan perangkat lunak tambahan di iPhone 14 untuk fitur perpesanan baru.

"iPhone 14 menyertakan komponen frekuensi radio khusus, dan perangkat lunak baru yang dirancang sepenuhnya oleh Apple, yang bersama-sama mengaktifkan SOS Darurat melalui satelit pada model iPhone 14 baru," kata Apple dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Senin (19/9/2022).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

iPhone 14 Dirilis Tengah Malam Ini, Berikut Cara Nontonnya


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading